Jakarta (ANTARA) -
Papeda makanan tradisional yang berasal dari Papua, Maluku, dan daerah Sulawesi lainnya merupakan salah satu warisan kuliner Indonesia yang paling unik.
 
Papeda merupakan singkatan dari "Papua Penuh Damai" dan nama sebutan lain dari papeda yakni 'Dao' yang berasal dari bahasa Inanwatan atau bahasa papua.
 
Makanan ini terbuat dari sagu, bahan pokok yang diambil dari pohon sagu. Papeda diolah menjadi makanan yang memiliki tekstur kenyal dan lengket seperti lem.
 
Papeda yang memiliki rasa khas tawarnya, sering kali disajikan dengan lauk pauk seperti ikan tongkol kuah kuning yang dibuat dengan rempah-rempah khas Nusantara. Bukan hanya itu, papeda sering dinikmati bersama sayur daun melinjo yang dikenal dengan sayur ganemo.
 
Asal usul papeda
 
Papeda bukan hanya makanan biasa, papeda juga menjadi makanan pokok. Selain itu, juga menjadi bagian dari budaya masyarakat dalam makanan hidangan acara penting di Papua dan Maluku.
 
Pohon sagu yang menjadi bahan utama pembuatan papeda tumbuh subur di wilayah-wilayah ini. Di daerah Papua, sagu telah menjadi sumber pangan utama selama berabad-abad sebelum adanya beras.
 
Tradisi mengolah sagu menjadi papeda telah diturunkan dari generasi ke generasi. Dalam mengolah sagu menjadi papeda, diperlukan peralatan kuali besar seperti Belanga.
 
Proses pembuatannya membutuhkan keterampilan khusus. Pertama, persiapkan air untuk dimasak sampai mendidih, masukkan sari sagu dan aduk hingga campuran mengental dan berubah warna dari putih menjadi bening keabu-abuan. Selama proses pengadukan hanya perlu mengaduk satu arah saja hingga tekstur sagu menjadi seperti lem.
 
Teksturnya yang lengket membuat papeda sering kali dimakan menggunakan sumpit atau langsung dengan tangan, menambah keunikan cara penyajian dan cara makannya.
 
Selain menjadi sumber nutrisi untuk kesehatan tubuh, makanan papeda sering disajikan dalam berbagai upacara adat, pertemuan keluarga, dan acara penting lainnya. Setiap suapan papeda mengandung makna menghargai tradisi dan kebudayaan Papua dan Maluku.
 
Tidak hanya berada di Papua dan Maluku, papeda banyak disajikan di restoran Jakarta dan terkenal dengan kelezatannya. Salah satunya terdapat di Restoran Yougwa, cabang Restoran Yougwa Danau Sentani, Jayapura yang terletak di kawasan Kelapa Gading. Saat ini, papeda juga disantap sebagai camilan dan dapat dibeli dari pedagang kaki lima.
 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024