Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah berita ekonomi menarik dan bisa menjadi rangkuman atas berbagai peristiwa yang terjadi pada pekan ini.

Berita diawali dengan kenaikan harga Pertamax hingga Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara atau IKN mengungkapkan, air bersih sudah masuk ke persil-persil di IKN.

1. Pertamina resmi naikkan harga Pertamax jadi Rp13.700

PT Pertamina Patra Niaga resmi melakukan penyesuaian harga Pertamax dari sebelumnya Rp12.950 per liter menjadi Rp13.700 per liter.

Harga baru bahan bakar minyak (BBM) jenis RON 92 itu berlaku di SPBU Pertamina wilayah Provinsi Aceh, Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara pada Sabtu 10 Agustus 2024, pukul 00.00 waktu setempat.

Baca selengkapnya di sini.

2. Trem Otonom akan beroperasi pada perayaan HUT RI di IKN

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN mengungkapkan Trem Otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) rencananya akan beroperasi saat perayaan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2024 di Nusantara, Kalimantan Timur.

Baca selengkapnya di sini.

3. Kerugian negara akibat impor tekstil ilegal ditaksir Rp6,2 triliun

Kementerian Koperasi dan UKM memperkirakan impor tekstil ilegal mengakibatkan negara kehilangan pendapatan hingga Rp6,2 triliun setiap tahunnya.

Plt. Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM Temmy Setya Permana mengatakan bahwa berdasarkan simulasi yang dilakukan oleh timnya, negara kehilangan pendapatan dari pajak sebesar Rp1,4 triliun per tahun. Sementara itu, kerugian dari sisi bea cukai mencapai Rp4,8 triliun per tahun.

Baca selengkapnya di sini.

4. Fasilitas di IKN sudah siap sambut kedatangan ASN yang akan bertugas

Sejumlah fasilitas di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur sudah siap menyambut kedatangan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan bertugas.

"Jangan khawatir dengan kesejahteraan dan Insyaallah di sana akan hidup layak. Jangan khawatir disana juga ada mal, sekarang semua sedang di bangun. Termasuk rumah sakit internasional, sekolah internasional, dan lain-lain," kata Deputi Sosial Budaya Pemberdayaan Masyarakat Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Alimudin dalam ASN Festival 2024, di Jakarta, Sabtu.

Baca selengkapnya di sini.

5. Kementerian PUPR: Air bersih sudah masuk ke persil-persil di IKN

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara atau IKN mengungkapkan, air bersih sudah masuk ke persil-persil di IKN.

"Untuk air bersih sekarang sudah masuk ke persil-persil, cuma kita adalah dalam rangka quality assurance memastikan karena ini ada suatu rangkaian untuk mengantarkan air yang mana saat sampai kepada keran itu bisa merupakan air yang bisa langsung diminum, kita harus memastikan," ujar Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H. Sumadilaga di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat.

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024