Termasuk musik orkestra itu nyatanya bisa dipadukan dengan lagu-lagu yang saat ini sedang tren sehingga itu menjadi pendekatan yang lebih mudah untuk menggugah perasaan anak-anak, seperti rasa nasionalisme
Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendekatkan musik orkestra kepada masyarakat umum melalui Konser Kemerdekaan Gita Bahana Nusantara 2024.
 
“Kami melihat antusiasme masyarakat ya, anak-anak muda ketika melihat konser Gita Bahana Nusantara di ruang publik seperti Taman Museum Fatahillah ini. Apa yang kami tampilkan di sini adalah mau mendekatkan anak-anak muda dengan musik, khususnya musik orkestra,” kata Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kemendikbudristek Irini Dewi Wanti usai Konser Kemerdekaan Gita Bahana Nusantara 2024 di Jakarta pada Sabtu.

Baca juga: Kemendikbud: Edugames bangun kesiapsiagaan bencana pada siswa
 
Dengan konser tersebut, pihaknya berusaha mengikis label eksklusif yang melekat pada musik orkestra. Di samping itu, lanjutnya, konser yang dimulai pada pukul 19.30 WIB tersebut juga berupaya untuk mendekatkan generasi muda dengan musik yang lebih kreatif, seperti pemaduan musik orkestra dengan pilihan lagu pop terkini.
 
“Termasuk musik orkestra itu nyatanya bisa dipadukan dengan lagu-lagu yang saat ini sedang tren sehingga itu menjadi pendekatan yang lebih mudah untuk menggugah perasaan anak-anak, seperti rasa nasionalisme,” imbuhnya.

Baca juga: Kemendikbud kolaborasi multipihak edukasi perubahan iklim melalui gim
 
Ia menyebutkan ada sebanyak 191 anak muda dari 33 provinsi se-Indonesia, yang terdiri dari 70 orang tim orkestra dan 121 orang tim paduan suara yang menyuguhkan lagu-lagu nasional, lagu-lagu daerah, dan lagu pop pada konser tahun ini.
 
Tidak hanya itu, estetika aransemen kreatifnya juga turut memasukkan unsur-unsur etnik nusantara pada pilihan instrumen yang digunakan, seperti suling, sape, kendang, tehyan, hingga talempong. Di bawah binaan Kemendikbudristek, tahun ini menjadi penanda 21 tahun kehadiran dan peran serta Gita Bahana Nusantara dalam acara-acara kenegaraan.
 
Sebagai informasi, konser yang dipimpin oleh konduktor alumni Gita Bahana Nusantara 2006-2010 Eki Satria tersebut juga berkolaborasi dengan Bratayudha, Team Roro hingga artis Keisya Levronka.

Baca juga: Kemendikbud perkuat pencegahan kekerasan seksual di sekolah

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024