Jakarta (ANTARA) - Klub Liga Italia Udinese resmi mengumumkan kepulangan pemain berpengalaman penyerang Alexis Sanchez pada bursa transfer musim panas ini dengan status bebas agen.

Dikutip dari laman resmi klub, Sabtu, Udinese mengikat Alexis Sanchez dengan kontrak berdurasi dua tahun atau hingga Juni 2026 mendatang setelah pemain asal Chile tersebut kontraknya habis dengan Inter Milan.

"Di sinilah ia menjadi seorang juara, di sinilah ia menemukan kecintaan terhadap wilayah tersebut, di sinilah legenda dimulai: El Nino Maravilla kembali bersama kita, El Nino Maravilla sekali lagi menjadi pemain Bianconeri," tulis pernyataan resmi klub.
Diketahui Udinese membeli Alexis Sanchez pada 2006 silam dari klub Chile Cobreloa dan ia sempat dipinjamkan selama dua musim ke Colo-colo dan River Plate.

Selanjutnya pada periode pertama Alexis Sanchez membela Udinese, pemain kelahiran 19 Desember 1988 itu mampu mencatatkan 112 penampilan dan menyumbangkan 21 gol serta 20 assist dari total 8.565 menit bermain.

Pada musim panas 2011, Udinese menjual Alexis Sanchez ke klub Liga Spanyol dan ia mampu mencatatkan 141 penampilan selama tiga musim membela Blaugarana dengan torehan 46 gol serta 37 assist sebelum akhirnya pada musim panas 2014 dijual ke klub Liga Inggris Arsenal.

Penampilan puncak Alexis Sanchez hadir ketika ia membela Arsenal dengan mencatatkan 166 penampulan untuk The Gunners dan menyumbangkan 80 gol serta 43 assist selama 3,5 musim.

Pada Januari 2018, Alexis Sanchez ditukar dengan Henrikh Mkhitaryan oleh Manchester United dan fase penurunan kariernya hadir ketika ia membela The Red Devils karena hanya mencatatkan 45 penampilan dengan sumbangan lima gol dan 9 assist.

Pemain kelahiran Tocopilla, Chile itu mampu kembali ke permainan terbaiknya setelah ia bergabung dengan Inter Milan pada Agustus 2020 setelah kontraknya tak diperpanjang oleh Manchester United.

Bersama Inter Milan, Alexis Sanchez mampu menorehkan 142 penampilan dengan torehan 46 gol dan 28 assist dari total 5.405 menit bermain. Ia juga sempat selama semusim bermain Marseille pada musim 2023/24.

Baca juga: Empoli dan Udinese selamat dari degradasi

Baca juga: Udinese pecat pelatih Cioffi dan dilaporkan siap rekrut Cannavaro

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024