Sebanyak 65 kelompok UMK terpilih dari 500 UMK yang mendaftar, ikut dalam program pelatihan tersebut. Mereka merupakan kelompok UMK yang lolos seleksi dari perwakilan kantor pusat, kantor regional 1, 2, 3
Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo mengadakan program pelatihan Developing Great Maritimepreneur Pelindo 2024 untuk mendukung pengembangan usaha mikro kecil (UMK) di sektor maritim.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan UMK dalam bidang kewirausahaan, packaging serta mendukung program pengembangan UMK yang berkelanjutan.

"Sebanyak 65 kelompok UMK terpilih dari 500 UMK yang mendaftar, ikut dalam program pelatihan tersebut. Mereka merupakan kelompok UMK yang lolos seleksi dari perwakilan kantor pusat, kantor regional 1, 2, 3," kata Departement Head Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Pelindo Febrianto Zenny dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Kegiatan tersebut diadakan di Pelindo Tower, Jakarta bekerja sama dengan PT Cahaya Abadi Berkarya (Cabera).

Pelatihan itu merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) Pelindo yang berkontribusi terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat, khususnya di sektor maritim.

Melalui program TJSL, Pelindo berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar wilayah operasional dengan memberikan dukungan yang berkelanjutan bagi UMK, termasuk pelatihan, pendampingan, dan akses pasar.

Developing Great Maritimepreneur Pelindo 2024 menghadirkan sejumlah narasumber berpengalaman, di antaranya Founder & CEO Bisatumbuh Chiko Maradona, SM MSE Incubation Telkom Adrian Sani Harahap, packaging expert Vici Herlambang, Komisaris Utama & Founder PT MAI Afit Andriadi, Sales Director Ciomy Oky Prasetya, dan pengelola LPS Romles Simanjuntak.

Mereka menyampaikan materi yang meliputi kewirausahaan, packaging, pemberdayaan UMK, membagikan kiat sukses serta penyiapan plasma UMK.

Sementara itu, Manager Monitoring dan Pelaporan Program TJSL Pelindo Annisa Karimah menjelaskan sebagai output dari pelatihan tersebut, Pelindo berhasil mengurasi UMK binaan baru dan berkomitmen untuk terus menaikkan kelas UMK melalui serangkaian kegiatan pelatihan.

Untuk langkah selanjutnya ialah memfasilitasi sertifikasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan halal sesuai kebutuhan UMK.

"Selain itu, kami juga membantu dari sisi pemasaran. Salah satunya melalui penjualan di Local Pride Spot dan pameran, baik di dalam maupun luar negeri," katanya.

Adapun, Local Pride Spot merupakan wadah untuk memamerkan produk unggulan mitra binaan Pelindo.

Pelindo mengharapkan dengan adanya program pelatihan itu, para UMK dapat tumbuh dan berkembang menjadi pelaku usaha yang tangguh dan berdaya saing tinggi serta mendukung pertumbuhan ekonomi nasional khususnya di sektor maritim.

Baca juga: Pelindo Marine dukung keselamatan pelayaran lewat pelatihan
Baca juga: Pelindo: Integrasi perencanaan efektifkan bongkar muat peti kemas
Baca juga: Pelindo perluas penerapan "autogate pass" ke 34 pelabuhan

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024