... Siapapun di antara pelaku yang memenuhi unsur pidana sesuai dengan hasil pemeriksaan tim, maka akan dijerat secara pidana...
Padang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Padang di Sumatra Barat, mempidanakan enam dari 10 pelaku tawuran bersenjata tajam yang terjadi pada Sabtu (10/8) di jembatan Emilindo, Lubuk Begalung, Padang.

Dalam tawuran yang terjadi sekitar pukul 03.30 WIB itu salah seorang pemuda menjadi korban karena tangan kirinya putus disabet senjata tajam.

"Dari hasil pemeriksaan kami, enam dari 10 pelaku tawuran yang kami amankan akan diproses secara pidana," kata Kepala Unit Kejahatan dan Kekerasan Satreskrim Polresta Padang, Inspektur Polisi Satu Habiib Hakanul, di Padang, Sabtu.

Baca juga: Kepolisian amankan 10 pelaku tawuran bersenjata tajam di Padang

Ia mengatakan, keenam pemuda tersebut dipidana dengan Undang-undang Darurat nomor 12/1951 atas kepemilikan senjata tajam. "Hingga malam ini baru enam yang memenuhi unsur untuk diproses secara pidana, sedangkan sisanya masih dalam proses pemeriksaan oleh tim," katanya.

Ia katakan, senjata tajam tersebut merupakan senjata yang mereka gunakan untuk melakukan tawuran. Jenis senjata tajam yang dimiliki oleh para pelaku yakni celurit, katana, dan parang yang panjang dan ukurannya bervariasi.

Baca juga: 150 pelajar diberi pembinaan soal pencegahan tawuran

Ia mengatakan, pemeriksaan dan interogasi terhadap para pelaku dilakukan tim Riksa pada Unit Kejahatan dan Kekerasan Satreskrim Polresta Padang.
"Siapapun di antara pelaku yang memenuhi unsur pidana sesuai dengan hasil pemeriksaan tim, maka akan dijerat secara pidana," tegasnya.

Sampai Sabtu malam, 10 pelaku serta sejumlah barang bukti masih berada di Kantor Polresta Padang guna penyelidikan lebih lanjut.

Baca juga: Ketua RT/RW di Jaktim diingatkan agar tak jadi provokator tawuran 

Pada bagian lain, polisi juga terus memburu pelaku lain yang terlibat tawuran di jembatan Emilindo, Lubuk Begalung, Padang, pada Sabtu dini hari. 

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024