Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua menyebut pemilihan putra putri pariwisata (Tan dan Monj) Port Numbay untuk menghasilkan tenaga yang terampil dalam mempromosikan potensi wisata di daerah ini.

Penjabat Wali Kota Jayapura Christian Sohilait dalam acara grand final pemilihan Tan dan Monj Port Numbay 2024 di Jayapura, Sabtu, mengatakan putra putri pariwisata tahun ini diharapkan memberikan pesan kepada masyarakat luas tentang bagaimana keindahan alam di ibu kota Provinsi Papua tersebut.

"Tetapi juga dapat memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan karena permasalahan di Kota Jayapura saat ini salah satunya ialah persampahan," katanya.

Baca juga: PHRI harap STC Biak 2024 tingkatkan kunjungan wisata

Sohilait menyampaikan, pihaknya berharap ke depannya selain pemilihan putra putri pariwisata akan ada duta lingkungan hidup dan juga duta sains.

"Karena baik duta pariwisata maupun duta lingkungan hidup dapat membantu pemerintah daerah untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait potensi yang ada di Kota Jayapura," ujarnya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura Erid Rumansara mengatakan tujuan pemilihan putra dan putri pariwisata Kota Jayapura atau Tan dan Monj Port Numbay 2024 sebagai agen promosi pariwisata di daerah itu.

Baca juga: Dispar Jayapura: Festival Kampung Nelayan ajang promosi wisata Hamadi

"Meningkatkan kemampuan dan keterampilan mereka dalam pengembangan pariwisata daerah, tren pasar wisata dan referensi wisatawan sehingga mampu memberikan pelayanan informasi yang sesuai," katanya.

Dia menjelaskan yang terpenting pada ajang ini juga ialah untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan ke Kota Jayapura dan dapat menyusun program sederhana sesuai dinamika dan potensi wisata setempat.

"Mampu mengomunikasikan program Dinas Pariwisata maupun komunitas pelaku pariwisata secara menarik dan sesuai kekhasan kelompok sasaran wisatawan dengan teknik yang tepat," ujarnya. 

Baca juga: Dinas Pariwisata Kota Jayapura optimalkan potensi kampung wisata

Baca juga: DPR Papua bantu pengembangan objek wisata Kampung Waiya Depapre

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024