Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) terus mematangkan persiapan pelaksanaan pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) 2024.

Plh. Sekretaris BNPP Robert Simbolon menjelaskan bahwa pelaksanaan Gerbangdutas 2024 dalam rangka penyusunan rencana jangka menengah 2025-2029.

"Dalam waktu dekat kami juga akan mengundang Kementerian/Lembaga (K/L) yang menjadi anggota BNPP untuk kembali melaksanakan rapat koordinasi terkait rencana pembangunan perbatasan jangka menengah tahun 2025-2029," kata Robert dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Adapun pelaksanaan Gerbangdutas yang ke-12 kali ini akan dilaksanakan di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Dia mengatakan dalam pelaksanaan Gerbangdutas yang direncanakan pada akhir Agustus 2024 turut mengundang usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui Badan Pengelola Perbatasan Daerah (BPPD) provinsi, kabupaten dan kota untuk berpartisipasi dalam mengikuti pameran pembangunan perbatasan negara tersebut.

"Pameran tersebut akan menunjukkan produk-produk unggulan hasil olahan lokal dari masing-masing daerah perbatasan," ujarnya.

Selain itu, BNPP akan kembali melaksanakan peninjauan ulang lokasi dan koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Kalbar dalam beberapa hari ke depan.

Baca juga: Gerbangdutas komitmen pemerintah bangun perbatasan dan perkuat sinergi
Baca juga: BNPP pacu pembangunan kawasan perbatasan 2023 lewat Gerbangdutas
Baca juga: Kominfo akan luncurkan satelit RI-I untuk jaringan di daerah terpencil

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024