Pelatihan pelatih tempat kerja akan terus kami lakukan karena inilah yang menjadi kunci dalam penerapan program vokasi sistem ganda. Tetapi pada fase saat ini, yang menjadi fokus kami adalah industri Makanan dan Minuman (mamin)
Surabaya (ANTARA) - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Adik Dwi Putranto menyatakan, Strategi Daerah Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi (Strada PVPV) yang telah disahkan oleh gubernur setempat menjadi acuan Tim Koordinasi Daerah Vokasi (TKDV) untuk mewujudkan pendidikan vokasi lebih baik.

"Kadin Jatim ada di dalamnya untuk melaksanakan amanat Perpres 68/2022," ucap Adik dalam keterangannya di Surabaya, Sabtu.

Adik menjelaskan, ada tujuh strategi daerah yang telah ditetapkan, yaitu membangun sistem informasi pasar kerja yang mutakhir dan komprehensif.

"Dengan memperkuat peran Kadin Daerah dalam penyelenggaraan PVPV dan terwujudnya sistem penyelenggaraan pendidikan menengah kejuruan yang berbasis kompetensi dan standar nasional pendidikan tinggi vokasi," ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, juga terwujudnya Pelatihan Vokasi yang berbasis kompetensi sesuai kebutuhan pasar kerja, yang efisien, efektif dan berbasis kebutuhan serta monitoring hingga evaluasi efektivitas pelaksanaan revitalisasi PVPV.

“Pelatihan pelatih tempat kerja akan terus kami lakukan karena inilah yang menjadi kunci dalam penerapan program vokasi sistem ganda. Tetapi pada fase saat ini, yang menjadi fokus kami adalah industri Makanan dan Minuman (mamin),” katanya.

Pilihan tersebut, kata Adik, dengan melihat masih minimnya industri mamin yang telah terlibat dan besarnya potensi industri tersebut di Jatim.

“Kegiatan pelatihan pelatih tempat kerja akan dilaksanakan pada September dengan melibatkan 10 peserta dari TKDV dan 10 peserta dari industri Mamin. Karena di beberapa pelatihan yang telah kami gelar, industri Mamin jarang yang ikut. Padahal pelatih tempat kerja menjadi kunci suksesnya pemagangan,” ujar Adik.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi (Sekdaprov) Jawa Timur Bobby Soemiarsono mengatakan prioritas program kerja berdasarkan Strada Vokasi Jatim telah disusun untuk masing-masing Kelompok Kerja (Pokja).

"Mengingat pentingnya implementasi Perpres 68/2022 tentang revitalisasi PVPV dan keputusan gubernur Jatim, maka TKDV Jatim menjadi koordinasi vokasi yang berkelanjutan di seluruh daerah kabupaten kota untuk mensinergikan Rancangan PVPV Jatim dengan melibatkan lintas sektor di tingkat provinsi maupun kabupaten kota," ujar Bobby.

Baca juga: Kadin: IHT Jatim serap 40 persen tenaga kerja skala nasional
Baca juga: Kadin Jatim dukung pengembangan UMKM demi lindungi dari produk China
Baca juga: Kadin Jatim dorong Freeport dukung pengembangan UMKM Gresik

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024