Surabaya (ANTARA) - Ketua Ikatan Keluarga Alumni Universitas Airlangga Surabaya Khofifah Indar Parawansa mengingatkan wisudawan Unair bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) bermaksud melakukan percepatan Indonesia Emas 2045.  

"Ini adalah papakan terpenting untuk kita mengantarkan putra putri kita sehingga Indonesia emas dapat diimbangi dengan sumber daya yang berkualitas," tutur Khofifah kepada Wisudawan 243 Unair di Surabaya, Sabtu.  

Lebih lanjut pihaknya menuturkan bahwa percepatan Indonesia Emas 2034 tersebut akan dikomandani oleh Rektor Unair dan konsepnya telah melalui persetujuan dan banyak pembedahan naskah di beberapa wilayah. Selanjutnya naskah tersebut akan melalui pembedahan terakhir dan akan mengalami final pembedahan di Surabaya.   

"Ini artinya panjenengan semua adalah generasi VIP saat ini," katanya.

Menyambung mengenai percepatan Indonesia Emas 2034 akan menurunkan angka kemiskinan sebesar dua persen. Hal itu juga akan meningkatkan kenaikan pertumbuhan ekonomi sebesar sembilan persen.  

"Ini menjadi hal yang harus saya sampaikan. Artinya perubahan Indonesia Emas ke depan dipelopori oleh Universitas Airlangga," ujarnya.

Khofifah berharap agar seluruh pihak utamanya wisudawan Unair mampu berkontribusi untuk melakukan telaah lebih lanjut dalam proses pemutakhiran konsep tersebut. Pihaknya berharap wisudawan dapat memberikan sumbangsihnya terhadap implementasi Indonesia Emas 2034.  

Tak hanya itu, Khofifah turut menekankan agar seluruh wisudawan senantiasa berperilaku baik untuk merepresentasikan nilai-nilai yang telah ditanamkan selama pendidikan dengan selalu tawadhu kepada orang tua.  

Menurutnya ajaran mematuhi orang tua menjadi kunci kesuksesan wisudawan dalam berbagai proses yang mereka jalani.

"Terima kasih kepada orang tua merupakan ajaran yang kuat yang menjadi referensi kehidupan bagi kita semua," ujarnya.

Pada akhir, Khofifah turut mengajak agar seluruh wisudawan berkontribusi dalam keluarga alumni Unair. Kontribusi tersebut dapat dilakukan dengan mengimplementasikan nilai integritas dan moralitas yang telah dibangun bersama selama masa pendidikan di Universitas Airlangga.

Baca juga: Khofifah-Kepala PBB Indonesia diskusikan pembangunan berkelanjutan
Baca juga: Khofifah ajak Muslimat NU gagas peningkatan soliditas sosial
Baca juga: Khofifah dorong mahasiswa kaya inovasi wujudkan Indonesia Emas

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024