Kami punya komitmen untuk menjadikan ISPIKANI sebagai pusat pengembangan peningkatan keahlian alumni perikanan
Makassar (ANTARA) - Prof Safruddin Hasyim (Prof Pion) dan Ziaul Haq Nawawi (Cawi) terpilih secara aklamasi menjadi ketua dan sekretaris Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (ISPIKANI) Periode 2024-2029 pada Konferensi Daerah di Makassar, Sabtu.

Sebelumnya jabatan ketua organisasi yang merangkul sarjana perikanan itu dijabat oleh Rektor Unhas Prof Dr Jamaluddin Jompa.

Baca juga: Wantimpres: PPS Lampulo Aceh dukung kebutuhan ekspor perikanan

“Kami punya komitmen untuk menjadikan ISPIKANI sebagai pusat pengembangan peningkatan keahlian alumni perikanan,” kata Prof Pion yang saat ini juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas disela-sela kegiatan.

ISPIKANI Sulsel menjadi wadah sarjana perikanan untuk saling bertukar pikiran, berinovasi, dan alat pengabdian kepada masyarakat.

Prof Pion mengatakan, selama lima tahun ke depan, ISPIKANI Sulsel harus melahirkan sebanyak mungkin pengusaha-pengusaha baru di bidang perikanan.

Sebab sektor perikanan akan menjadi salah satu sektor penting untuk mencukupi kebutuhan pangan di Indonesia.

Baca juga: Lantik Dirjen Perikanan Tangkap, Menteri Trenggono Minta Kawal Implementasi PIT

ISPIKANI juga diharapkan menjadi jembatan komunikasi antara dunia usaha dengan mahasiswa. Lewat program kampus merdeka dan merdeka belajar.

Sekretaris ISPIKANI Sulsel, Cawi, mengatakan setelah dilantik pengurus baru akan melakukan pendataan sumberdaya anggota.

“Mengetahui potensi yang dimiliki oleh setiap anggota,” ungkap Cawi.

Sementara Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa berharap ISPIKANI Sulsel bisa menjadi bagian dalam mengawal ketahanan pangan. Sumber daya perikanan harus menjadi bahan pangan utama masyarakat.

Baca juga: DKP Mimika: Kampung Keakwa jadi percontohan budi daya kepiting bakau

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024