Jakarta (ANTARA) - Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana menyampaikan bahwa kesuksesan pelaksanaan kirab duplikat bendera Merah Putih dan naskah Teks Proklamasi Kemerdekaan RI adalah keberhasilan bersama.

"Ini adalah keberhasilan kita semua dan tentu ini juga adalah atas doa yang dipanjatkan oleh seluruh anak bangsa yang ingin rangkaian kegiatan Hari Kemerdekaan Ke-79 Republik Indonesia berjalan dengan lancar dan khidmat," ujar Yusuf dalam keterangan tertulis yang diterima di Ibu Kota Nusantara, Sabtu.

Baca juga: Presiden sebut kirab bendera dari Monas ke IKN momen bersejarah

Dia bersyukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, di bulan kemerdekaan bangsa Indonesia telah menorehkan sejarah baru karena sukses melakukan kirab duplikat bendera sang Merah Putih dan Teks Proklamasi dari Monumen Nasional di Jakarta menuju Istana Negara di IKN dengan selamat.

"Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat dan berbagai institusi yang telah bekerja keras siang dan malam, gotong-royong dan bahu-membahu untuk mempersiapkan dan menyukseskan kirab ini. Terima kasih, sampai jumpa di Nusantara," ujarnya.

Baca juga: Setpres: Kirab bendera cerminkan semangat persatuan dan gotong royong

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kirab bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi dari Monumen Nasional (Monas), Jakarta menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim), merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia.

"Hari ini tercipta momen bersejarah. Untuk pertama kalinya, bendera duplikat Sang Merah Putih dan Teks Proklamasi diarak dari Monas ke Ibu Kota Nusantara (IKN)," ucap Jokowi melalui akun media sosial Instagram @jokowi dipantau dari Jakarta, Sabtu.

Kepala Negara menyebut kirab tersebut merupakan bagian dari peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI.

Ia mengatakan berbagai elemen masyarakat terlibat, termasuk 180 Abang-None Jakarta, 122 Purna Paskibraka DKI Jakarta serta siswa Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), politeknik, dan pamong praja.

Baca juga: Pertama dalam sejarah, bendera Merah Putih dikirab dari Jakarta ke IKN
Baca juga: Kirab Merah Putih pengingat generasi muda atas kedaulatan Indonesia
Baca juga: Masyarakat antusias saksikan kirab Merah Putih menuju IKN

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024