Jakarta (ANTARA) - Pelatih Manchester City Pep Guardiola memastikan jika dirinya akan menurunkan Ederson Moraes sebagai kiper utama menghadapi Manchester United pada laga Community Shield di Stadion Wembley, London, Sabtu malam.

Dikutip dari laman resmi klub, Sabtu, Pep mengatakan dirinya sangat senang dengan banyak opsi pada posisi penjaga gawang City musim ini, terlebih kiper lainnya Stefan Ortega Moreno sudah memperpanjang kontrak hingga 2026 mendatang.

"Ini adalah kelegaan besar bahwa Eddie (Ederson) dan Stefan (Ortega Moreno) bertahan. Kamu tidak mengerti ini adalah proses yang kami jalani selama banyak tahun tanpa Ederson, itu mustahil," jelas Pep.

Pelatih berkebangsaan Spanyol tersebut menjelaskan, sulit untuk mencari pengganti seperti Ederson yang memiliki karisma dan konsistensi yang luar biasa.

"Jadi, saya sangat senang dia bertahan dan, tentu saja, Stefan. selamat dia pantas mendapatkan kontraknya, bukan karena penyelamatannya melawan Spurs tapi untuk dua tahun (keseluruhan), betapa bagusnya dia di kompetisi piala. Sekarang mereka bermain untuk satu posisi… keduanya akan bermain dalam waktu yang lama," tegas Pep.

Baca juga: Erik ten Hag berharap kepada ketajaman Rashford ketika hadapi City

Selain memberikan pujian kepada Ederson dan Ortega, Pep juga cukup senang dengan lini depan Manchester City yang mampu beradaptasi dengan baik tanpa kehadiran penyerang Erling Haaland yang tengah beristirahat.

Pep sangat senang dengan bagaimana Erling Haaland tetap menjaga ketajamannya pasca beristirahat karena pemulihan cedera dengan bermain baik menghadapi Barcelona dan Chelsea pada tur pra-musim.

Pep yakin bahwa City memiliki segalanya untuk terus bekerja keras jika Haaland tidak tersedia, tetapi juga mengisyaratkan bahwa keputusan tentang perekrutan lebih lanjut dapat dibuat nanti di jendela transfer.

"Saya tidak tahu, kami punya alternatif. Kami akan melihat apakah kami membutuhkan seseorang. Kami punya pemain-pemain bagus yang bisa bermain di sana. Tentu saja, jika Erling (Haaland) tidak memainkan keahlian khususnya, kami tidak memiliki penggantinya tetapi kami memiliki alternatif lain," ungkap Pep.

"Kami akan melihat sampai akhir bursa transfer apakah kami benar-benar membutuhkan seorang penyerang untuk berjaga-jaga (kami membutuhkan) cadangan untuk Erling. Erling tidak akan memainkan semua jadwal yang kami miliki sebelumnya. Dengan semua permainan dia tidak akan bisa memainkan semuanya. Kami harus memikirkannya jika kami punya solusi lain," pungkasnya.


Baca juga: Pertahanan Manchester United pincang jelang Community Shield

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024