Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan di Facebook beredar menarasikan akan dibangun patung naga raksasa di Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Kalimantan Timur, sebagai bentuk penghormatan kepada tokoh-tokoh pembangunan di Indonesia.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“sebuah patung naga raksasa di ibu kota kalimantan timur sebagai bentuk penghormatan untuk kokoh kokoh yang telah berjasa untuk pembangunan tanah air.”

Namun, benarkah akan dibangun patung naga raksasa di IKN?

 

Unggahan yang menarasikan akan dibangun patung naga raksasa di IKN sebagai penghormatan tokoh pembangunan Indonesia. Faktanya, foto patung besar tersebut merupakan hasil AI dan tidak terdapat di peta rancangan IKN. (Facebook)
Penjelasan:

Berdasarkan data di laman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dalam desain peta IKN tidak terdapat desain atau rencana desain bangunan patung naga raksasa di IKN.

Selain itu, ANTARA mencari foto yang disertakan diunggahan tersebut di pendeteksi Artificial intelligence (AI) Hive Moderation. Hasilnya foto tersebut 97 persen merupakan hasil AI, bukan rancangan desain resmi IKN.

 

Hasil deteksi AI menggunakan AI detector. (Website)
Dengan demikian klaim akan dibangun patung naga raksasa di IKN merupakan keliru.

Klaim : Patung naga raksasa akan dibangun di IKN
Rating : Hoaks

Cek fakta: Prabowo tidak mau pindahkan ibu kota dari Jakarta ke IKN, benarkah?

Cek fakta: Hoaks! Lumpur mengandung gas di wilayah konstruksi IKN

Baca juga: Kemensetneg sebut penyewaan 1.000 mobil untuk HUT di IKN sebagai hoaks

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024