Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta ikut memeriahkan prosesi Kirab Bendera Pusaka Merah Putih dan naskah teks proklamasi dengan menghadirkan enam panggung hiburan di sekitar lokasi itu.

"Ini merupakan dukungan kami terhadap persiapan dan pelaksanaan HUT RI yang akan digelar di IKN," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono di Jakarta, Sabtu.

Pemprov DKI, kata Agus, mendirikan enam panggung hiburan di beberapa titik untuk memeriahkan prosesi kirab dari Monas hingga Bandara Halim Perdanakusuma yang kemudian diterbangkan menuju Ibu Kota Nusantara (IKN).

Menurut dia, pada kirab tersebut diperkirakan ada sebanyak 34 ribu masyarakat DKI Jakarta memenuhi pinggir jalan di sejumlah titik ruas jalan yang dilewati rombongan kirab.

Baca juga: Kirab Bendera Pusaka berganti formasi di kawasan Patung Kuda

"Ada enam panggung hiburan yang digelar di beberapa titik, kemudian ada sebanyak 34 ribu masyarakat yang turut memberikan dukungan terhadap perjalanan pasukan kirab," katanya.

Tidak hanya itu, Pemprov DKI juga mengerahkan sebanyak 645 personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP DKI untuk pengamanan selama prosesi kirab.

"Untuk pengamanan, melibatkan semua personel aparat keamanan, karena koordinasi bukan di Pemprov DKI saja, tetapi kami melibatkan Satpol PP untuk pengamanan kegiatan kirab," katanya.

Pada saat kirab berlangsung, masyarakat hadir untuk memberikan dukungan kepada pasukan kirab yang membawa dua benda bersejarah bagi bangsa Indonesia, dengan melambaikan bendera merah putih, serta menyanyikan lagu-lagu nasional.
Sejumlah warga saat berada di pinggir jalan pada acara kirab Bendera Pusaka dan naskah teks proklamasi di Jakarta, Sabtu (10/8/2024). ANTARA/Khaerul Izan
Hampir sebagian masyarakat mengenakan kaos merah dan celana putih sesuai warna bendera Indonesia.

Baca juga: Rombongan Kirab Bendera Pusaka Merah Putih lepas landas menuju IKN

Bahkan, ada masyarakat yang mengenakan baju adat dari daerah-daerah yang ada di Indonesia.

Prosesi kirab dilakukan mulai dari Cawan Monas yang langsung dipimpin oleh Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta yang juga sekaligus Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.

Prosesi penyerahan duplikat Bendera Pusaka dan teks proklamasi diserahkan kepada Tim Purna Paskibraka 2023 untuk diarak menuju Bandara Halim Perdanakusuma.
 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024