kolaborasi antara TNI Angkatan Laut dan aparat pemerintah daerah sangatlah penting
Gowa (ANTARA) - Bupati Gowa, Sulawesi Selatan Adnan Purichta Ichsan mengapresiasi program Ketahanan Pangan Lantamal VI berupa penanaman pohon pisang cavendish di wilayahnya yaitu di Kecamatan Barombong.

"Kami sangat mengapresiasi program ketahanan pangan ini, apalagi salah satunya Gowa dipilih sebagai lokus sasaran sehingga pemerintah akan terbantu," katanya di Gowa, Sabtu saat menyambut
menyambut kunjungan kerja Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali untuk melihat lahan ketahanan pangan.

Pada kunjungan kerjanya itu, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali juga melakukan penanaman pohon serta meninjau bakti sosial dan kesehatan di Desa Tamanyelleng, Kecamatan Barombong.

Adnan di hadapan KSAL juga menyampaikan bahwa pihainya mendukung program makan siang gratis bagi anak sekolah dengan menu ikan untuk menggelorakan gemar makan ikan.

Komandan Lantamal VI Brigjen TNI (Mar)Andi Rahmat yang mendampingi KSAL mengajak pemerintah daerah dan swasta agar turut serta mensukseskan program ketahanan pangan tersebut.

Baca juga: Mentan-TNI AL sinergi akselerasi ketahanan pangan dari iklim ekstrem
Baca juga: Lanal Babel kembangkan KBN bantu pemerintah jaga ketahanan pangan


Ia menjelaskan, selain penanaman pohon pisang cavendish, Lantamal IV juga melakukan bakti kesehatan, bakti sosial dan makan siang bergizi gratis melalui gemar makan ikan untuk anak sekolah.

"Hari ini kita lakukan berbagai kegiatan salah satunya bakti kesehatan yang di dalamnya ada donor darah, pemeriksaan kesehatan bagi warga setempat, dan penanaman. Terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam program ini salah satunya Pemerintah Kabupaten Gowa," terangnya.

Sementara Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Muhammad Ali, menyampaikan Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi penyangga kawasan Ibu Kota Nusantara yang baru sehingga program ketahanan pangan ini sangat membantu khususnya dalam memastikan dan menjamin kesejahteraan wilayah.

"Dalam upaya mendukung program ketahanan pangan nasional kolaborasi antara TNI Angkatan Laut dan aparat pemerintah daerah sangatlah penting. TNI Angkatan Laut berkomitmen untuk bekerja sama terus dengan pemerintah daerah dalam berbagai program termasuk kegiatan penanaman pisang cavendish yang kita laksanakan hari ini," ujarnya.

Melalui program ini, menurut Kasal, bukan hanya berfokus pada ketahanan pangan, tapi juga berusaha memanfaatkan potensi besar yang dimiliki daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Keberadaan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI Makassar merupakan langkah konkrit dalam upaya untuk menjaga keamanan di wilayah laut Sulawesi Selatan dan hal ini menunjukkan komitmen yang kuat dari kami untuk memastikan bahwa setiap jengkal perairan Indonesia terlindungi dengan baik termasuk di wilayah perairan Sulawesi Selatan," jelasnya.

Baca juga: Wakasal: Program ketahanan pangan wujud peran aktif TNI AL
Baca juga: Bantul dan TNI AL wujudkan ketahanan pangan dukung petani lahan pasir
Baca juga: TNI AL siapkan program pembinaan ketahanan pangan warga pesisir Sultra

 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024