Lima manuver Tim Aerobatik Jupiter (TAJ) bersama jet tempur F-16 dilakukan di langit Kota Nusantara pada upacara kemerdekaan di Kota Nusantara. Memang, tidak manuver penuh karena ada keterbatasan waktu
Balikpapan (ANTARA) -
Pilot pesawat Jupiter dan pesawat tempur F-16 Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Utara (AU) unjuk kebolehan dengan melakukan lima manuver udara pada upacara hari ulang tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di langit Kota Nusantara, ibu kota baru Indonesia, 17 Agustus 2024.
 
"Lima manuver Tim Aerobatik Jupiter (TAJ) bersama jet tempur F-16 dilakukan di langit Kota Nusantara pada upacara kemerdekaan di Kota Nusantara. Memang, tidak manuver penuh karena ada keterbatasan waktu," kata Pimpinan TAJ atau Jupiter One, Letkol Penerbang Idham Satria, di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu.
 
Tim Aerobatik Jupiter terdiri dari 14 penerbang untuk delapan pesawat, lanjut dia, personel yang melayani pesawat saat di darat sebanyak 60 orang.

Baca juga: Bendera pusaka tiba di Balikpapan untuk dikirab menuju IKN
 
Delapan pesawat Jupiter tersebut berangkat dari Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, ia menjelaskan tim telah melakukan latihan parsial dan latihan gabungan dengan pesawat tempur F-16 yang bermarkas di Lanud Iswahjudi Kota Madiun, Provisi Jawa Timur.
 
"Kami lakukan latihan gabungan di Surakarta, sejak dua tiga hari yang lalu," ujarnya.
 
Delapan pesawat TAJ TNI AU tersebut mendarat di landasan pacu Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Kota Balikpapan, Sabtu (10/8) sekitar pukul 12.00 WITA.

Baca juga: Presiden sebut kirab bendera dari Monas ke IKN momen bersejarah
 
Pesawat Jupiter mendarat bersamaan dengan sejumlah pesawat tempur F-16, yang saat ini keseluruhan pesawat berada di hanggar Lanud Dhomber Bandar Udara Internasional SAMS Sepinggan Kota Balikpapan.
 
Pesawat Korean Trainer (KT) 1-B dengan kode woongbee dari Tim Aerobatik Jupiter tersebut siap memeriahkan perayaan hari jadi le-79 Republik Indonesia di Kota Nusantara, ibu kota baru Indonesia yang dibangun di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan/Muhammad Solih Januar
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024