menjadi pemacu semua wilayah untuk bersama-sama menjaga lingkungan tetap bersih, hijau, dan bebas sampah
Madiun (ANTARA) - Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur berhasil meraih 12 penghargaan sekaligus dalam Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2024 yang digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Sebanyak 12 penghargaan itu terdiri dari penghargaan untuk Kepala Daerah sebagai Pembina Proklim Tingkat Nasional yang diberikan kepada Pj. Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto dari Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar di Jakarta Convention Center Hall B, Jakarta pada Jumat (9/8), kemudian satu RW meraih Trofi Proklim Lestari, dan 10 RW meraih Sertifikat Proklim Utama.

"Ini pencapaian tertinggi dari Kota Madiun yang diberikan oleh Kementerian LHK. Semoga bisa menjadi pemacu semua wilayah untuk bersama-sama menjaga lingkungan tetap bersih, hijau, dan bebas sampah," ujar Pj. Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto dalam keterangannya di Madiun, Sabtu.

Sesuai data, terdapat 11 lingkungan tingkat RW di Kota Madiun yang berhasil meraih penghargaan tersebut. Yaitu RW 8 Kelurahan Rejomulyo yang berhasil menyabet penghargaan Trofi Proklim Lestari.

Kemudian, 10 wilayah RW lain yang mendapatkan sertifikat Proklim Utama yaitu RW 4 Kelurahan Kartoharjo, RW 8 Kelurahan Demangan, RW 3 Kelurahan Patihan, RW 2 Kelurahan Madiun Lor, RW 10 Kelurahan Winongo, RW 11 Kelurahan Nambangan Lor, RW 2 Kelurahan Kelun, RW 1 Kelurahan Pilangbango, RW 6 Kelurahan Tawangrejo, dan RW 3 Kelurahan Ngegong.

Dengan demikian, total sudah ada 37 lingkungan RW di Kota Madiun yang sudah mendapatkan penghargaan Proklim sejak tahun 2020 hingga sekarang. Baik berupa trofi maupun sertifikat. Rinciannya, dua trofi proklim lestari, lima trofi proklim utama, dan 30 sertifikat proklim utama.

Baca juga: Pemkot Ambon raih penghargaan pembina Proklim
Baca juga: Kota Semarang raih lima penghargaan kesehatan dan lingkungan


Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun Agus Tri Tjahjanto mengungkapkan bahwa pencapaian itu menunjukkan semangat warga Kota Madiun dalam melestarikan lingkungan.

"Di Kota Madiun ada 27 kelurahan. Dengan banyaknya total yakni 37 penghargaan proklim yang sudah diraih sejak 2020, berarti satu kelurahan ada yang mendapatkan lebih dari satu penghargaan proklim," katanya.

Untuk itu, Agus berharap prestasi ini bisa memacu semangat lingkungan RW lainnya yang belum mendapatkan penghargaan agar bisa menyusul wilayah yang sudah mendapatkan apresiasi.

"Untuk RW yang mendapatkan penghargaan trofi proklim lestari akan membina lingkungan RW lainnya. Semoga ke depan semakin banyak RW di Kota Madiun yang mendapatkan penghargaan dan bisa memenuhi target Presiden Joko Widodo untuk desa proklim," katanya.

Baca juga: Penghargaan ProKlim, Menteri LHK minta dukung aksi iklim tingkat tapak
Baca juga: Jakpus edukasi lingkungan yang tangguh terhadap perubahan iklim
Baca juga: KLHK verifikasi dua titik Program Kampung Iklim di Kota Pontianak

 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024