Ini perdana digelar, ke depan persiapan agar bisa lebih matang
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Sebanyak 400 pekerja dari puluhan perusahaan memeriahkan ajang pekan olahraga industri (Poin) Kabupaten Bekasi 2024 perdana yang digelar badan otoritas olahraga setempat memperebutkan piala bergilir kepala daerah.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan ajang ini menjadi sarana membangun Hubungan Industrial Pancasila sekaligus merangkul para pekerja maupun pelaku industri untuk masuk ke dalam gelanggang olahraga prestasi.

"Dari sekian ribu, bahkan ratusan ribu pekerja tentu ada yang punya potensi bakat di bidang olahraga. Ini sekaligus upaya mencari potensi atlet yang akan memperkuat kontingen Kabupaten Bekasi dan Jawa Barat," katanya di Cikarang, Sabtu.

Dia mengatakan ajang pertandingan ini juga menjadi wadah kerja sama sektor olahraga antara pemerintah daerah dengan pengelola kawasan industri.

"Ketika perusahaan membutuhkan atlet-atlet untuk bertanding baik antar perusahaan maupun kawasan, maka atlet-atlet Kabupaten Bekasi bisa masuk sekaligus menjadi pekerja di perusahaan tersebut. Selain masuk jadi pekerja, perusahaan juga bisa menjadi bapak asuh bagi cabang-cabang olahraga," katanya.

Baca juga: Pemkab Bekasi bangun 376 sarana olahraga majukan prestasi daerah
Baca juga: IMAG edisi pertama akan berlangsung di Bekasi dan Bogor


Dani berharap penyelenggaraan Poin pada tahun-tahun mendatang dilakukan dengan persiapan yang lebih matang baik dari aspek waktu sosialisasi, publikasi, hingga keterlibatan jumlah peserta maupun organisasi terkait lingkungan pekerja.

"Ini perdana digelar, ke depan persiapan agar bisa lebih matang. Peserta jauh lebih banyak, berikan peran kepada Asosiasi Pengusaha Indonesia dan serikat pekerja agar mereka bisa ikut terlibat langsung supaya kebersamaan ini bisa lebih dipupuk lagi," katanya.

Ketua Harian KONI Kabupaten Bekasi Abdul Halim menyatakan Poin 2024 diikuti 400 atlet berasal dari 94 perusahaan dengan mempertandingkan tujuh cabang olahraga meliputi bola voli, tenis lapangan, golf, futsal, badminton, tenis meja, serta atletik.

"Selain berkolaborasi dengan industri, ajang ini bertujuan mencari bibit atlet dari kalangan pekerja untuk masuk ke dalam olahraga prestasi. Mudah-mudahan piala bergilir Pak Bupati Bekasi ini akan terus berlanjut di masa yang akan datang," kata dia.

Baca juga: Pemkab Bekasi bangun GOR Squash berstandar internasional
Baca juga: KONI tunjuk Bogor dan Bekasi jadi tuan rumah Pekan Olahraga Bela Diri
Baca juga: Renang Kabupaten Bekasi kemas empat emas Porprov Jabar

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024