Rangkasbitung (ANTARA) -
Perum Bulog Subdivre Lebak-Pandeglang, Banten, menjamin stok beras untuk penyaluran program pangan yang digulirkan Badan Pangan Nasional (Bapanas) relatif aman dan mencukupi selama tiga bulan ke depan.
 
"Kita memiliki stok beras 4.100 ton dan relatif aman serta mencukupi," kata Kepala Bulog Subdivre Pandeglang -Lebak Agung Trisakti saat dihubungi di Rangkasbitung, Lebak, Sabtu.
 
Selama ini, lanjut dia pendistribusian program pangan untuk keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Lebak dan Pandeglang berjalan lancar.
 
Masyarakat yang mendapatkan program pangan yaitu berupa beras sebanyak 10 kilogram per KPM.
 
Penyaluran program pangan didistribusikan setiap bulan hingga ke desa/kelurahan sehingga dapat memenuhi ketersediaan pangan masyarakat.
 
Perum Bulog menjamin pendistribusian program pangan masih berlangsung, meski kapasitas gudang stok beras relatif terbatas.

Baca juga: Pemprov Sulteng salurkan cadangan beras pemerintah ke 251.825 KK
 
Dengan demikian, Perum Bulog menerapkan dengan pola stok beras keluar dan langsung diisi stok baru sampai akhir tahun 2024.
 
"Kita tetap bakal menjaga kecukupan stok sampai akhir tahun," katanya menjelaskan.
 
Kepala Bidang Distribusi dan Sumberdaya Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lebak Benu Dwiyana mengatakan program pangan beras untuk Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) di daerah itu tercatat sebanyak 171.127 KPM.
 
Pendistribusian program pangan dari Januari sampai Agustus 2024 berjalan lancar dan dari Perum Bulog relatif bagus, sehingga tidak ada komplain dari penerima program pangan.
 
"Kami berharap program pangan bisa kembali dilanjutkan karena secara langsung dapat memenuhi ketersediaan pangan keluarga," katanya.
 
Sementara itu sejumlah warga KPM di Kabupaten Lebak, mengaku sangat terbantu ketersediaan pangan keluarga dari penyaluran beras sebanyak 10 kilogram dari program pangan.
 
"Kami senang bisa menerima program pangan beras. Ketersediaan pangan terpenuhi hingga empat pekan dengan konsumsi sendiri," kata Budiman (58) warga Desa Cikatapis Kalanganyar Kabupaten Lebak.

Baca juga: Bulog sebut persediaan beras di Aceh cukup hingga akhir 2024

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024