berharap program ini terus berkelanjutan untuk mewariskan lingkungan hidup yang baik
Ambon (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menerima penghargaan sebagai Pembina Program Kampung Iklim (ProKlim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Penghargaan ini diserahkan Menteri LHK Siti Nurbaya pada Puncak Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan, Energi Baru Terbarukan (LIKE 2), kata Penjabat Wali Kota Ambon Dominggus N.Kaya, dalam keterangan yang diterima di Ambon, Sabtu.

Ia menyatakan rasa syukur karena penghargaan yang diraih menandai keberhasilan Pemkot dalam menetapkan kebijakan dan membina ProKlim di wilayahnya.

"Kita bersyukur dan berharap program ini terus berkelanjutan untuk mewariskan lingkungan hidup yang baik kepada generasi mendatang," ujarnya.

Ia mengakui, Kota Ambon sebagai penerima penghargaan pembina ProKlim satu-satunya di wilayah Regional Maluku - Papua, juga berbangga karena Kampung Kusu-Kusu Sereh Negeri Nusaniwe Kecamatan Sirimau juga menerima penghargaan Trophy ProKlim kategori Utama.

Penghargaan ini diberikan karena kampung Kusu- Kusi Sereh telah tertata secara struktur dalam melakukan adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim.

Baca juga: Kota Semarang raih lima penghargaan kesehatan dan lingkungan
Baca juga: Penghargaan ProKlim, Menteri LHK minta dukung aksi iklim tingkat tapak


Wali Kota berharap, di tahun depan semakin banyak Desa/Negeri/Kelurahan, juga Dusun/Kampung dan komunitas yang dibina untuk mendapatkan penghargaan yang sama bahkan kategori yang tinggi yakni ProKlim lestari.

Kampung iklim katanya diharapkan dapat menjawab tantangan kehidupan masyarakat Kota Ambon dalam menghadapi perubahan iklim beserta dampaknya, meningkatkan kualitas hidup, meningkatkan kehidupan sosial ekonomi.

"Kampung Iklim juga membangun kesadaran dan daya hidup serta menumbuhkan kemandirian masyarakat guna melaksanakan mitigasi perubahan iklim termasuk menjaga nilai-nilai kearifan lokal," katanya.

Untuk diketahui tahun 2020-2023 total ada 46 lokasi di Kota Ambon yang menerima penghargaan proKlim diantaranya enam trophy ProKlim utama, 31 sertifikat Proklim utama, dan sembilan sertifikat ProKlim madya.

Sementara untuk tahun 2024, satu Trophy ProKlim utama, 10 sertifikat proKlim utama dan tiga sertifikat ProKlim madya.

Baca juga: KLHK verifikasi dua titik Program Kampung Iklim di Kota Pontianak
Baca juga: Tim Proklim Kementerian LHK verifikasi dua kelurahan di Jakut
Baca juga: KLHK verifikasi Kelurahan Pulau Pramuka masuk Program Proklim

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024