Jakarta (ANTARA) - LinkedIn merupakan salah satu aplikasi atau platform jejaring sosial profesional yang paling berpengaruh dan banyak dipergunakan oleh masyarakat seluruh dunia, dalam mencari pekerjaan.

Aplikasi yang diluncurkan pada tahun 2003 ini telah berkembang menjadi alat yang sangat berguna bagi setiap individu dan perusahaan dalam membangun dan mengelola hubungan profesional karena terhubung dengan kolega, rekan kerja juga memperluas koneksi bisnis dan profesional.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa membuat profil identitas profesional menyerupai curriculum vitae atau CV sehingga mempermudah perusahaan untuk mencari kandidat karyawan yang potensial. Sementara untuk pekerja, platform ini bisa digunakan untuk mempromosikan diri serta membangun citra profesional dalam mencari pekerjaan.

Bagi Anda yang ingin mencari tahu tentang dunia pekerjaan, aplikasi ini sangat bermanfaat dan membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang keahlian Anda.

Oleh sebab itu, paltform ini menyediakan fitur untuk mencari pekerjaan, merekrut karyawan baik tetap ataupun paruh waktu, juga untuk pekerja magang. 

Sifatnya yang profesional, menjadikan aplikasi ini menjadi wadah untuk para profesional dalam mengembangkan diri sehingga tersedia fitur Community . Fitur ini memungkinkan para pengguna untuk bergabung dengan grup dan komunitas yang sesuai dengan sektor atau bidang pekerjaan yang dijalani atau diminati.

Dalam fitur ini, pengguna dapat membagikan pandangan profesionalnya dengan menulis artikel, serta mengunggah foto juga video.

Serupa dengan akun media sosial lainnya, LinkedIn juga menjadi wadah interaksi profesional sehingga terdapat Messages yang memungkinkan pengguna mengirim pesan yang bersifat profesional untuk pengguna lainnya. 

Platform LinkedIn dapat diakses melalui desktop, aplikasi seluler LinkedIn, versi web seluler, atau aplikasi LinkedIn Lite untuk Android.

Manfaat aplikasi LinkedIn

1. Memperluas jaringan pekerjaan
LinkedIn memungkinkan Anda untuk terhubung dengan kolega, mantan rekan kerja dan profesional lain di bidang atau sektor profesional yang Anda geluti. Dengan jaringan yang luas, Anda dapat memperluas jangkauan koneksi Anda dan membuka peluang untuk kolaborasi dan kemajuan karier.

2. Membangun citra profesional Anda (branding)
Profil LinkedIn yang lengkap dan terbaru dapat meningkatkan citra profesional Anda. Menampilkan pengalaman kerja, pendidikan, dan keterampilan dengan cara yang terorganisir membantu Anda membangun reputasi sebagai ahli di bidang Anda.

3. Mendapatkan peluang networking dan kolaborasi

Dengan LinkedIn, Anda dapat menemukan dan terhubung dengan profesional yang memiliki minat dan tujuan serupa. Ini membuka peluang untuk kolaborasi proyek, mendapatkan saran profesional, atau bahkan menemukan mentor.

4. Dapat mencari dan melamar pekerjaan
LinkedIn menyediakan berbagai fitur pencarian pekerjaan yang memungkinkan Anda mencari lowongan yang sesuai dengan keterampilan dan minat Anda. Anda juga dapat melamar pekerjaan langsung melalui platform, membuat profil Anda lebih terlihat oleh rekrutmen.

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024