Makassar (ANTARA) -
Staf Ahli Bidang Sosial Ekonomi dan Budaya Kementerian Komunikasi dan Informasi R Wijaya Kusumawardhana membuka secara resmi kegiatan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Fest 2024 yang digelar di Anjungan City Of Makassar, Jumat malam (09/08).
 
Pembukaan resmi ini ditandai dengan tabuhan gendang dan pemberian piagam apresiasi dari Staf Ahli Menteri Bidang Sosial Ekonomi dan Budaya, R Wijaya Kusumawardhana kepada Pemerintah Kota Makassar yang diwakili langsung Firman Hamid Pagarra selaku PJ Sekda Makassar.
 
Staf Ahli Menteri Bidang Sosial Ekonomi dan Budaya R Wijaya Kusumawardhana melalui keterangan rilisnya di Makassar, Sabtu mengungkapkan KIM memegang peran yang sangat penting. Salah satu nilai penting dari KIM adalah berdiskusi dalam kesetaraan bernama komunitas.
 
"KIM harus bisa menyampaikan kepada masyarakat informasi yang benar, akurat, dan bisa dipertanggungjawabkan," ujar dia.
 
Tujuannya, kata dia, supaya masyarakat tahu bahwa info ini benar dan info ini hoaks, sehingga diharapkan warga tidak mudah percaya terhadap informasi yang diterimanya.
   
Ia berharap seluruh SDM KIM bisa lebih maju dan bisa memastikan aspirasi masyarakat dapat tersampaikan dan begitu pula sebaliknya.
 
“Diarahkan dapat menjadi penetralisir kesimpangsiuran informasi terkait kebijakan program Pemkot yang beredar di masyarakat yang dapat mengikis-mengikis nilai-nilai edukasi,” harapnya.
 
Kegiatan yang diikuti oleh 50 KIM dari sembilan provinsi ini mengangkat tema “UMKM Bangkit ekonomi Makassar melejit”.
 
Pj Srkda Makassar Firman Hamid Pagarra mengatakan KIM Fest ini merupakan upaya pemerintah mewujudkan pembangunan merata di suatu daerah. Termasuk pemerataan akses informasi ke masyarakat.
 
Keberadaan KIM ini dapat di berdayakan menjadi mitra pemerintah dalam melakukan komunikasi publik kepada masyarakat.
 
Hadirnya perhelatan KIM ini juga semakin mempertegas Kota Makassar sebagai kota festival tepian air.
 
“Dan kami berbahagia karena pak menteri menunjuk Makassar sebagai tuan rumah kali ini. Itu berarti kami bersyukur karena makin dipercaya menghelat kegiatan besar di Indonesia. Dan ini juga membuktikan kalau Makassar sebagai kota festival tepian air sesuai dengan tagline barunya,” ucap Firman.
 
Firman menyebutkan kegiatan ini juga sebagai momentum penting terutama bagi pelaku UMKM yang berkontribusi besar bagi roda perekonomian Kota Makassar.
 
“Malam ini hadir pula UMKM binaan dinas koperasi yang sudah melalui inkubator yang dimiliki diskop Makassar untuk memamerkan produk mereka,” tambahnya.
 
 
 
 

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024