Jakarta (ANTARA) - LinkedIn merupakan platform jejaring sosial yang berfokus pada dunia profesional, yang membantu para profesional dalam membangun atau pun memperluas hubungan profesional, mencari pekerjaan dan mengembangkan karier.

Sebagai platform yang bersifat profesional, Linkedln memungkinkan seseorang terhubung secara profesional dengan rekan kerja, atasan, kolega serta profesional lainnya dari berbagai sektor.

LinkedIn juga menawarkan berbagai sumber daya untuk pembelajaran dan pengembangan profesional, seperti grup diskusi, dan konten terbaru yang dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda.

Aplikasi LinkedIn juga memberikan kesempatan atau peluang Anda sebagai pengguna untuk membangun citra profesional Anda dengan menonjolkan pencapaian, pengalaman karir dan keahlian Anda sesuai bidangnya.

Karena sifatnya yang profesional inilah LinkedIn kemudian menjadi salah satu alat penting bagi perusahaan untuk mencari kandidat karyawan potensial untuk direkrut. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan profil LinkedIn Anda tetap lengkap dan terkini guna meningkatkan visibilitas dan peluang karier untuk diminati oleh perusahaan.

Berikut adalah beberapa cara untuk membuat akun LinkedIn  yang bisa dilakukan melalui beberapa cara yaitu lewat laman resmi, aplikasi dan melalui akun google

Cara daftar akun melalui website LinkedIn

  1. Kunjungi laman resmi LinkedIn di https://www.linkedin.com/
  2. Di halaman awal Anda pilih “Join now
  3. Anda diminta untuk masukkan email dan password baru, kemudian pilih “Agree & Join
  4. Selanjutnya isi nama lengkap, dari nama depan hingga nama belakang Anda yang tersedia di kolom, jika sudah selesai pilih ”Continue
  5. Pilih negara dan tempat tinggal Anda. Setelah itu pilih ”Next
  6. Masukan job title Anda dan isi data yang terbaru apabila Anda sebelumnya sudah memiliki pengalaman pekerjaan, kemudian pilih “Continue” dan jika Anda masih seorang pelajar, cantumkan nama sekolah atau universitas Anda serta tanggal mulai dan selesai Anda menempuh pendidikan di sana. Kemudian pilih “Continue
  7. Konfirmasi email dari LinkedIn berupa kode konfirmasi yang dikirim melalui email
  8. Setelah konfirmasi, lengkapi setiap pertanyaan yang diberikan setelah selesai pilih “Next
  9. Proses pembuatan akun LinkedIn selesai, lengkapi profil dan identitas diri yang menarik dan terbaru untuk menarik perhatian rekrutmen dan membangun koneksi yang luas. 

Cara daftar akun melalui aplikasi LinkedIn

  1. ​​​​​​​Instal aplikasi LinkedIn melalui Play Store (android) dan App Store (iOS)
  2. Buka aplikasi LinkedIn dan pilih Join nowatau “Bergabung sekarang
  3. Masukkan nama depan hingga nama belakang Anda, kemudian pilih “Lanjutkan
  4. Kemudian masukkan alamat email atau nomor telepon Anda untuk konfirmasi akun, pilih “Lanjutkan
  5. Masukkan kata sandi akun Anda dan pilih “Setuju & Bergabung
  6. Konfirmasi kan lokasi tempat tinggal dan asal negara Anda, kemudian pilih “Berikutnya
  7. Masukkan posisi pekerjaan terbaru Anda dan jenis pekerjaan, serta masukkan nama perusahaan terbaru Anda. Apabila Anda seorang pelajar atau Mahasiswa pilih iya pada kolom yang tersedia, dan lengkapi nama sekolah atau universitas Anda hingga tanggal mulai dan selesai Anda menempuh pendidikan di sana. Kemudian pilih “Berikutnya
  8. Masukkan foto profil Anda dan pilih ”Berikutnya
  9. Masukkan kode verifikasi pada email yang Anda cantumkan sebelumnya, kemudian pilih “Berikutnya
  10. Akun sudah berhasil terdaftar dan lengkapi semua profil dan identitas diri yang menarik dan terbaru untuk menarik perhatian rekrutmen

Cara daftar akun melalui kredensial login Google

  1. Buka halaman pendaftaran LinkedIn, bisa melalui situs https://www.linkedin.com/ dan aplikasi LinkedIn melalui Play Store (android) dan App Store (iOS)
  2. Selanjutnya pilih “Continue with Googleatau “Lanjutkan dengan Google
  3. Login dengan memasukkan alamat email Anda. Jika Anda sudah login ke akun Google di browser Anda sebelumnya, mungkin akun Google Anda akan tercantum dalam modul pop-up.
  4. Selanjutnya konfirmasi akun google Anda. Dengan menggunakan kredensial Google Anda tidak perlu membuat kata sandi secara terpisah.
  5. Apabila sudah di konfirmasi, Anda sudah bisa menggunakan aplikasi LinkedIn dan segera lengkapi profil Anda untuk menarik perhatian rekrutmen

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024