Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah artikel yang menarasikan biaya masuk untuk menjadi calon taruna Akademi Militer (Akmil) terbaru tahun ajaran 2024/2025.

Dalam unggahan tersebut, diuraikan biaya masuk Akmil untuk menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Berapa Biaya Masuk Akmil? Mari Ketahui Biayanya yang Terbaru Tahun 2024/2025!

Sobat Pintar tertarik untuk masuk menjadi taruna Akademi Militer? Jika iya, maka tentunya wajib untuk mengetahui seberapa besar biaya pengeluaran yang wajib dibayarkan, dengan begitu maka kamu pun bisa menyiapkan biaya itu dari jauh-jauh hari. Banyak persepsi yang beredar di masyarakat kalau biaya masuk Akmil ini tergolong cukup mahal.

Namun, apakah memang benar seperti itu? Nah, tidak usah mengira-ngira lagi, mari kita simak penjelasan seperti uraian berikut!”

Namun, benarkah edaran biaya masuk seleksi taruna Akmil tersebut?

 

Unggahan yang menarasikan beredar biaya masuk seleksi taruna Akademi Militer TNI. Faktanaya, Kadispenad TNI AD menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar. (Website)
Penjelasan:

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Kristomei Sianturi, S.Sos., M.Si (Han) menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar dan menyesatkan, serta akan melakukan langkah hukum sesuai UU ITE.

Proses seleksi Calon Taruna Akademi Militer (Catar Akmil) sama sekali tidak dipungut biaya (GRATIS). Demikian pula setelah dinyatakan lulus menjadi Taruna Akmil, seluruh biaya pendidikan ditanggung penuh oleh negara. Selain gratis, proses seleksi pun dilakukan secara adil, dan transparan.

“Tidak benar itu, kalau ada yang menyebut masuk Taruna AKMIL ada pungutan biaya. Bagi yang mengetahui adanya pungutan biaya, silahkan laporkan kepada kami.” tegas Kadispenad, dilansir dari laman TNI AD.

Kadispenad menambahkan bahwa, TNI AD menjunjung tinggi prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam setiap proses penerimaan prajuritnya. Bahkan, dalam laman resminya tercantum dengan jelas pernyataan tentang tidak adanya pungutan biaya pendaftaran maupun pendidikan, dan biaya 100 persen ditanggung oleh negara. Hal itu dapat diakses melalui laman berikut https://rekrutmen-tni.mil.id.

Cek fakta: Cek fakta, TNI akan bantu Polri dalam penyelesaian kasus Vina Cirebon

Cek fakta: Hoaks! Jokowi kerahkan TNI terkait status Darurat Keamanan Nasional di Bawaslu

Baca juga: Prabowo: Graha Utama Akmil diharapkan tingkatkan kualitas taruna

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024