Jakarta (ANTARA) - Personel Purna-Paskibraka Kachina Ozora dan Keyla Azzahra Purnama memangku replika bendera Merah Putih dan teks proklamasi di mobil Maung Pindad dalam prosesi kirab dari kawasan Monas menuju Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu.

Diikuti dalam jaringan (daring) Sekretariat Presiden (Setpres) di Jakarta, Kachina tampak memangku replika bendera Merah Putih pada posisi tepat di belakang kursi pengemudi, sementara Keyla memangku teks proklamasi di sebelah Kachina.

Keduanya tampil anggun memancarkan aura penuh semangat dan kebanggaan nasional. Sebagai simbol keberanian dan dedikasi, kedua pelajar itu tampil dengan kostum lengkap Paskibraka yang mencerminkan warna merah putih, seraya memangku bendera serta teks proklamasi yang tersimpan dalam kotak kayu bercorak ukiran.

Kachina merupakan utusan Putri Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang pernah dipercaya sebagai Pemimpin Upacara Paskibraka di Istana Negara, Jakarta, pada 15 Agustus 2023.

Pelajar kelahiran 26 Juni 2007 itu merupakan siswi SMA Negeri 2 Palangka Raya yang telah menunjukkan dedikasinya dalam berbagai kegiatan nasional.

Sedangkan Keyla merupakan perwakilan siswi SMA Negeri 4 Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Perempuan kelahiran 10 September 2007 itu berpengalaman menerima bendera yang diturunkan oleh Paskibraka Nasional 2023 di Istana Negara, Jakarta.
 
Personel Purna-Paskibraka membawa replika bendera Merah Putih dan teks proklamasi dari Cawan Monas menuju kendaraan Maung Pindad dalam prosesi Kirab Merah Putih menuju Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta, Sabtu (10/8/2024). ANTARA/HO-Sekretariat Presiden/aa.

Di Monas, kirab bendera dimulai dengan upacara resmi sejak pukul 06.00 WIB yang ditandai kehadiran Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Cawan Monas, sebagai titik penyimpanan bendera Merah Putih dan teks proklamasi.

Prosesi penyerahan bendera dan teks proklamasi dari Sekretariat Presiden kepada Kachina dan Keyla berlangsung sekitar pukul 08.00 WIB.
rombongan pembawa bendera Merah Putih dan naskah teks proklamasi keluar menuju rangkaian kendaraan Maung dengan langkah tegap dan dikawal Paspampres.

Pelepasan rombongan kendaraan kirab ditandai dengan penghormatan pasukan serta penampilan marching band dan pasukan berkuda di pelataran Monas.

Iring-iringan kirab di Jakarta dimulai dari Monas menuju Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, melintasi Patung Kuda, Jalan Thamrin, Bundaran HI, Semanggi.

Durasi kirab di perlintasan Jakarta diperkirakan berkisar 1 jam 15 menit dengan jarak tempuh 14 kilometer, sebelum bendera dan teks proklamasi selanjutnya diterbangkan ke IKN, Kaltim, menggunakan pesawat TNI AU.

Baca juga: Bendera Pusaka diambil dari Monas dengan kirab untuk HUT RI di IKN

Baca juga: Heru Budi kerahkan Abang None hingga purna-Paskibraka di kirab bendara

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024