Jakarta (ANTARA) - Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono telah melepas duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi dari Monumen Nasional untuk dibawa menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur dengan proses kirab budaya pada Sabtu.

Heru Budi menyerahkan duplikat Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi di area Cawan Monas, Jakarta, Sabtu kepada Petugas ADC Presiden untuk kemudian dibawa oleh Tim Purna Paskibraka 2023, berdasarkan tayangan langsung yang disaksikan lewat akun YouTube Sekretariat Presiden di Jakarta, Sabtu.

Tim Purna Paskibraka 2023 yang bertugas sebagai pembawa bendera Merah Putih adalah Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah.

Sementara itu, bertugas sebagai pembawa teks proklamasi adalah Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatera Selatan.

Setelah dibawa keluar menuju pelataran Monas, Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi diiring menuju kendaraan taktis Maung untuk dikirab menuju Bandara Halim Perdanakusuma.

Sebanyak 180 pasang Abang-None Jakarta berbaris rapi saat Tim Purna Paskibraka membawa Bendera Pusaka dan Teks Proklamasi untuk bersiap dalam prosesi kirab budaya.

Adapun rute kirab budaya tersebut melewati patung Kuda Arjuna Wijaya di silang Jalan Merdeka Selatan menuju Jalan MH. Thamrin, Bundaran HI, Jembatan Semanggi kemudian tiba di Bandara Halim Perdanakusuma.

Estimasi perjalanan menuju Bandara Halim memakan waktu sekitar 1 jam 15 menit dengan jarak tempuh sekitar 14 kilometer.

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024