Jakarta (ANTARA) - Pengembang dan penerbit gim Garena bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI serta Asosiasi Games Indonesia (AGI) menghadirkan inisiatif Gameseed 2024 sebagai ajang untuk memeriahkan Hari Game Nasional yang jatuh pada 8 Agustus.

Dikutip dari keterangan resmi Garena, Sabtu, Gameseed 2024 hadir sebagai sebuah kompetisi dan inkubasi gim terbesar di Indonesia, yang diharapkan bisa memperkuat industri gim Tanah Air.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno menyebut program Gameseed di tahun kedua ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pengalaman para pelaku industri gim untuk menciptakan gim yang diterima pasar, serta mengembangkan studio game yang berkelanjutan dan siap bersaing di tingkat nasional dan internasional.

“Ini (Gameseed) juga ikut memperkuat ekosistem dan gim-gim lokal. Mudah-mudahan semakin bisa jadi tuan rumah di negeri sendiri dan gim lokal semakin mendunia,” ujar Sandiaga.

Baca juga: Garena dan Kadokawa adaptasi Free Fire dalam bentuk anime

Country Head Garena Indonesia Hans Saleh menambahkan, kolaborasi ini diharapkan dapat mendorong percepatan pertumbuhan industri gim lokal Indonesia.

“Kita sudah sejak lama berkolaborasi dari segi pengembangan industri gim di Indonesia. Kita lihat sekarang ini perkembangan industri game lokal juga sangat baik dan berprogres cepat. Sehingga ini waktu yang tepat bagi kami untuk memperkuat komitmen dan berkontribusi pada industrI game lokal,” kata Hans Saleh.

Sebagai perusahaan global yang telah beroperasi di Indonesia sejak 2012, kehadiran Garena di Gameseed 2024 akan memberikan nilai tambah kepada para peserta, di mana mereka dapat langsung bertukar pikiran dengan para ahli dari Garena.

Melalui pelatihan dan mentoring yang diberikan, diharapkan akan terjadi transfer pengetahuan dan pengalaman untuk membantu peserta mengembangkan gim Indonesia yang mampu bersaing di pasar global.

Garena juga berkolaborasi dengan Kemenparekraf dan AGI untuk menyelenggarakan Garena Game Jam 2023 yang merupakan perlombaan membuat gim dalam waktu 48 jam untuk developer muda Indonesia.

Selain menjadi ajang kompetisi, program ini juga menjadi sarana bagi developer muda untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman, serta membangun jaringan dengan para profesional industri gim global dari Garena.

Baca juga: Indonesia siap bangkit pada pekan kedua FFWS SEA 2024 Spring

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024