Jakarta (ANTARA) - Sejumlah peristiwa di DKI Jakarta pada Jumat (9/8) yang masih layak dibaca hari ini antara lain duta bahasa DKI kenalkan bahasa Indonesia ke penutur asing hingga Dinsos tegur pengemis Jakut yang ternyata berkecukupan.

Berikut rangkumannya:

1. Duta Bahasa DKI kenalkan bahasa Indonesia ke penutur asing

Duta Bahasa DKI Jakarta menghadirkan program belajar interaktif dan aktual kepada penutur asing atau Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) guna mengenalkan dan menjadikan bahasa Indonesia sebagai daya tarik di mancanegara.

Program ini dinamai Temu Handai yang merupakan ruang eksplorasi bagi penutur asing dengan dimensi pengetahuan, interaksi, dan budaya. Program ini mendorong penutur asing untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Indonesia dengan mudah dan menyenangkan.

Baca selengkapnya di sini.

2. Rumah warga yang memilah sampah di Senen meningkat 62 persen

Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) menyebut rumah warga yang aktif memilah sampah di Kecamatan Senen hingga Juli 2024 meningkat 62 persen dari sebelumnya 168 menjadi 272 rumah.

"Kami akan dorong terus supaya bertambah. Caranya lewat sosialisasi dan kampanye," kata Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Lingkungan Hidup (LH) Kecamatan Senen Slamet Fikli di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini.

3. Dinsos DKI tegur pengemis di Jakut yang ternyata berkecukupan

Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta memberikan teguran secara persuasif kepada sepasang ibu dan anak yang menjadi pengemis padahal berasal dari keluarga dengan kategori berkecukupan.

Satuan Petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (Satgas P3S) Jakarta Utara telah melakukan kunjungan ke rumah ibu dan anak tersebut yang berlokasi di sekitar Teluk Gong Selatan, Kelurahan Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara.

Baca selengkapnya di sini.

Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta memberikan teguran secara kepada pengemis yang ternyata berkecukupan di Jakarta Utara. ANTARA/HO-Pemprov DKI Jakarta.
4. Kepulauan Seribu ajak warga budidayakan tanaman pangan

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu mengajak warga mengembangkan budidaya tanaman pangan dengan sistem urban farming (pertanian lahan terbatas di perkotaan) sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan.

“Kami mendorong masyarakat untuk mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan agar bisa ditanami tanaman pangan,” kata Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kabupaten Kepulauan Seribu Nurliati di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini.

5. Bank DKI fasilitasi transaksi nontunai untuk bayar pajak motor

​​​​
Bank DKI memfasilitasi transaksi nontunai untuk membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) di Gerai Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) untuk memudahkan warga DKI Jakarta dalam membayar pajak.

"Warga bisa menggunakan layanan e-Channel Bank DKI seperti JakOne Mobile, Cash Management System dan EDC Bank DKI," kata Direktur Komersial dan Kelembagaan Bank DKI, Herry Djufraini di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024