“Sudah diakomodir kok, terutama untuk tokoh masyarakat dan warga sekitar IKN,”
Jakarta (ANTARA) -
Berbagai peristiwa politik kemarin yang menjadi sorotan di antaranya Presiden Joko Widodo sebut anggaran HUT RI wajar naik karena digelar di dua tempat hingga Ketua Umum Partai Golkar membocorkan inisial bakal calon wakil gubernur pendamping Ridwan Kamil alias RK.

 
 
Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

 
 
Presiden sebut anggaran upacara HUT RI wajar naik karena di dua tempat

 
 
Presiden Joko Widodo menilai kenaikan anggaran Upacara HUT Ke-79 RI adalah sebuah hal yang wajar karena diselenggarakan di dua tempat, yakni Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur dan di Istana Merdeka, Jakarta.

 
 
"Iya namanya dulu hanya di satu tempat. Ini karena ada transisi sehingga menjadi di dua tempat," kata Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers usai menghadiri Expo Festival LIKE 2 di Jakarta, Jumat.

 
 
Presiden menjelaskan bahwa penyelenggaraan Upacara HUT RI pada tahun ini diselenggarakan di dua tempat karena ada masa transisi perpindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN.

 
 
Baca selengkapnya di sini.

 
 
Ganjar dukung Ahok maju di Pilkada Jakarta 2024

 
 
Ketua DPP Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah PDI Perjuangan Ganjar Pranowo mengaku mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok untuk maju di Pilkada DKI Jakarta 2024.

 
 
"Kalau hari ini saya disuruh mendukung, ya, Ahok lah," kata Ganjar saat ditemui di Bogor, Jawa Barat, Jumat.

 
 
Dia juga menilai Ahok masih berpeluang untuk diusung sebagai calon gubernur DKI Jakarta. Pasalnya, pertimbangan yang tengah dilakukan partainya terhadap calon kepala daerah yang akan diusung masih bisa didorong untuk mengikutsertakan Ahok di Pilkada DKI Jakarta.

 
 
Baca selengkapnya di sini.

 
 
Ketua MPR terima Penasihat Presiden Palestina tegaskan soal dukungan

 
 
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menegaskan sikap Indonesia dalam mendukung kemerdekaan Palestina saat menerima Penasihat Presiden Otoritas Palestina untuk Urusan Agama sekaligus Hakim Syariah Tertinggi di Otoritas Palestina Mahmoud Al-Habbash beserta delegasi Palestina lainnya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat.

 
 
"Saya mempertegas sikap pemerintah Indonesia dan rakyat Indonesia bahwa sejak awal kita berjuang untuk mendorong kemerdekaan Palestina," kata Bamsoet, sapaan karibnya, ditemui usai pertemuan.

 
 
Sebab, kata dia, konstitusi Indonesia mengamanatkan bahwa penjajahan di muka bumi harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

 
 
Baca selengkapnya di sini.

 
 
Masyarakat lokal juga boleh meriahkan HUT ke-79 RI di IKN

 
 
Pemerintah telah membuka kesempatan bagi masyarakat lokal Kalimantan Timur untuk turut serta dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN).

 
 
“Sudah diakomodir kok, terutama untuk tokoh masyarakat dan warga sekitar IKN,” ujar Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim Ahmad Firdaus Kurniawan kepada ANTARA di Ibu Kota Nusantara, Jumat.

 
 
Dari hasil koordinasi dengan Sekretariat Presiden (Setpres), pihaknya merinci kuota yang telah disediakan bagi tokoh masyarakat maupun masyarakat umum lainnya.

 
 
Baca selengkapnya di sini.

 
 
Waketum: PKB komitmen sukseskan pemerintahan Prabowo-Gibran

 
 
Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa Jazilul Fawaid mengatakan bahwa partainya berkomitmen menyukseskan pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

 
 
Ia menjelaskan bahwa komitmen tersebut telah disampaikan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar kepada Prabowo Subianto dalam pertemuan kedua tokoh politik itu pada Kamis (8/8) malam.

 
 
"Suasana pertemuannya berlangsung sangat akrab dan hangat, penuh kekeluargaan, dan memang Muhaimin menyampaikan hasil Mukernas PKB tanggal 23 Juli 2024 bahwa PKB berkomitmen untuk bersama-sama menyukseskan pemerintahan bersama Gerindra ya, menyukseskan pemerintahan ke depan," kata Jazilul Fawaid di Kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat.

 
 
Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024