memberikan gambaran langsung terkait perkembangan pembangunan Ibu Kota Negara
Samarinda (ANTARA) -
Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengajak awak media Kalimantan Timur (Kaltim) untuk menjelajahi pembangunan Ibu Kota Nusantara dalam program Media Tour IKN.
 
"Media tour intensif untuk memberikan gambaran langsung terkait perkembangan pembangunan Ibu Kota Negara," kata Plt Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni di Ibu Kota Nusantara, Jumat.
 
Kegiatan yang berlangsung selama satu hari penuh ini memandu para jurnalis Kalimantan Timur untuk mengunjungi sejumlah titik strategis proyek IKN, mulai dari Bendungan Sepaku Semoi, Sumbu Kebangsaan, hingga Swissôtel Nusantara.
 
Diawali dengan berkumpul di PMC/Kantor Otorita IKN di Balikpapan, rombongan media kemudian melakukan perjalanan menuju Bendungan Sepaku Semoi. Di lokasi ini, para peserta media tour diberikan paparan mengenai peran penting bendungan dalam mendukung ketersediaan air bersih di IKN.
 
Beranjak dari Bendungan Sepaku Semoi, mereka diajak Otorita IKN menyusuri Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, dari gerbang masuk jalan tol, jalan Sumbu Kebangsaan, dan menyaksikan langsung kenampakan kereta otonom tanpa rel (ART).

Baca juga: Menkominfo nilai Istana Garuda di IKN bisa jadi kebanggaan nasional
Baca juga: Trem Otonom akan beroperasi pada perayaan HUT RI di IKN

 
Selanjutnya, rombongan mengunjungi Plaza Seremoni yang menjadi pusat upacara kenegaraan di IKN. Di sini, para peserta diajak untuk melihat langsung bangunan megah plaza dengan pemandangan Taman Kesuma Bangsa, Istana Negara, Istana Garuda, serta gedung Kemenko.
 
Usai itu, para awak media dibawa ke Embung MBH yang memiliki fungsi utama untuk konservasi air di kawasan IKN.
 
Puncak acara media tour adalah kunjungan ke Rusun ASN 1. Lokasi ini memberikan gambaran mengenai upaya pemerintah dalam menyediakan fasilitas hunian bagi para ASN yang akan bertugas di IKN.
 
Terakhir, para jurnalis pun dibawa ke Swissôtel Nusantara yang merupakan hotel bintang lima pertama yang hadir di Ibu Kota Nusantara.
 
"Media tour ini bertujuan untuk memberikan informasi yang akurat dan terkini mengenai perkembangan pembangunan IKN kepada masyarakat luas. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, dukungan masyarakat terhadap pembangunan IKN semakin meningkat," papar Raja Juli.
 
Puluhan awak media dari berbagai daerah di Kalimantan Timur dipandu langsung oleh Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni dan Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan IKN Danis Hidayat Sumadilaga beserta tim dari Kementerian PUPR dan Otorita IKN.

Baca juga: OIKN: Reforestasi di IKN bakal libatkan tujuh perguruan tinggi
Baca juga: Istana: Pemda siapkan daftar warga lokal yang akan ikut upacara di IKN
Baca juga: OIKN: Bendungan Sepaku Semoi bisa menjadi destinasi pariwisata di IKN

Pewarta: Ahmad Rifandi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024