Dengan antusiasme dan koordinasi yang telah terbangun, diharapkan program DEB Lansia Sebaya terus berjalan, berkembang, dan bisa menjadi model inspiratif yang dapat direplikasi di berbagai wilayah lain
Jambi (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) membantu peningkatan perekonomian kelompok lansia di Jambi melalui program pengelolaan embung dan budidaya ikan di Kelurahan Bakung Jaya, Kota Jambi.

Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan dalam keterangannya di Jambi, Jumat, mengatakan melalui program Desa Energi Berdikari (DEB) Lansia Sebaya memberikan wadah bagi kelompok dalam usia produktif dan kelompok lansia untuk dapat berperanserta sehingga menunjang peningkatan ekonomi serta pemberdayaan untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik.

“Dengan antusiasme dan koordinasi yang telah terbangun, diharapkan program DEB Lansia Sebaya terus berjalan, berkembang, dan bisa menjadi model inspiratif yang dapat direplikasi di berbagai wilayah lain dalam memberikan dampak positif,” kata Nikho.

Sebagai informasi, Kelurahan Bakung Jaya Liposos, Kota Jambi, merupakan wilayah dengan mata pencaharian warga lansianya sebagai pengelola embung sederhana dan kolam budidaya ikan lele.

Baca juga: Pertamina Sumbagsel sosialisasi Proklim Lestari di Pulau Semambu

Namun pada tahun 2021 terjadi banjir yang menyebabkan kerusakan parah pada kolam ikan yang telah dibangun secara swadaya oleh masyarakat dan menimbulkan banyak kerugian khususnya kerugian materil.

Merespon hal tersebut, Pertamina memberikan bantuan program DEB Lansia di wilayah Ring I Operasional Aviation Fuel Terminal (AFT) Sultan Thaha.

Beberapa aktivitas ekonomi yang dijalankan warga di antaranya revilitasi embung, budidaya ikan gabus, pengolahan sampah organik menjadi maggot, dan pembuatan olahan ikan menjadi eko protein albumin ikan gabus.

Program ini dikelola oleh kelompok pemancingan yang terdiri atas kelompok rentan lansia dan tuna karya. Selain mengatasi permasalahan bencana banjir, program ini juga memberi peluang meningkatkan perekonomian dan rasa lebih baik lagi yang menciptakan kebahagiaan, kepuasan, dan menurunkan tingkat stress karena produktivitas yang mereka lakukan.

Local Hero DEB Lansia Sebaya Sutambah mengatakan kelompok lansia terbantu dengan pendampingan yang diberikan oleh Pertamina yang membuat bertambahnya pendapatan dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

“Kami dari kelompok lansia sangat terbantu atas bantuan dan pendampingan Pertamina, sehingga pendapatan kami bertambah dan membuat lingkungan kami menjadi lebih baik, menjadi masyarakat yang sehat, bahagia, dan berdaya,” kata dia.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga sosialisasikan QR Code Pertalite di Sumbagsel
Baca juga: Pertamina ikutsertakan UMKM binaan dalam Festival Parekraf Lampung


 

Pewarta: Tuyani
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024