Jakarta (ANTARA) - Teh serai merupakan minuman yang dibuat dari teh hijau atau teh hitam yang diseduh dengan rebusan batang serai segar. Setelah diseduh, teh serai dapat ditambahkan sirup gula, madu, bahkan jahe yang diiris tipis sesuai selera.

Minuman menyegarkan yang lezat ini sangat mudah dibuat. Untuk membuat teh serai, gunakan rasio satu batang serai (hanya bagian putih) untuk satu gelas atau cangkir. Batang serai ditumbuk ringan untuk mengekstrak minyak esensial dan rasanya. Tempatkan dalam panci, tuangkan ke dalam air, rebus sekitar sepuluh menit kemudian tiriskan.

Untuk sirup gula, cukup rebus bersama-sama jumlah gula dan air yang sama sampai gula larut. Jika Anda ingin rasa serai yang lebih kentara dalam minuman ini, tambahkan tangkai serai yang ditumbuk ringan ke rebusan air dan gula sebelum mendidih. Dinginkan sirup gula sebelum digunakan. Untuk sensasi wangi manis, Anda bisa menambahkan satu helai daun pandan yang dibuat simpul kecil.

Setelah itu, tuangkan teh yang didinginkan ke dalam wadah besar. Campurkan sirup gula secukupnya untuk mempermanis sambil diaduk. Aduk bersama air perasan jeruk kunci, tuangkan satu sendok makan sambil dicicipi rasanya setelah setiap penambahan. Tambahkan es sesuai selera, aduk dan sajikan dengan tangkai serai sebagai hiasan atau alat pengaduk, jika diinginkan.

Menurut medicalnewstoday.com, meskipun sebagian besar penelitian tentang teh serai hingga saat ini berskala kecil atau berbasis laboratorium, hasilnya menunjukkan bahwa teh serai dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut, menurunkan kolesterol, dan meredakan kembung.

Penerjemah: Abdu Faisal
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024