MIND ID senantiasa memastikan pelaksanaan proyek-proyek strategis berjalan sesuai dengan standar dan timeline yang telah dicanangkan. MIND ID juga senantiasa membuka ruang optimalisasi dan akselerasi proyek
Jakarta (ANTARA) - BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) menyatakan Proyek Smelter Grade Alumina (SGAR) yang dioperasikan oleh PT Bauksit Alumina Indonesia (PT BAI) atau “Mempawah Project” akan segera beroperasi pada September 2024.

"Kami mengajak Presiden Jokowi ke SGAR Mempawah dalam rangka commissioning, jadi kita mau injeksi bauksit masuk ke dalam plan-nya. Itu tadi perbincangannya. (Jawaban Jokowi) siap! Bapak senang sekali. Siap dan mau dipersiapkan (kunjungan)," ujar Direktur Pengembangan Usaha INALUM Melati Sarnita dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Melati menjelaskan Proyek Smelter Grade Alumina (SGAR) yang merupakan hasil konsorsium PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) dengan PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) ini fokus pada pengembangan infrastruktur dan peningkatan nilai tambah komoditas mineral di wilayah Mempawah, Kalimantan Barat.

"MIND ID senantiasa memastikan pelaksanaan proyek-proyek strategis berjalan sesuai dengan standar dan timeline yang telah dicanangkan. MIND ID juga senantiasa membuka ruang optimalisasi dan akselerasi proyek," kata Melati.

Menuju peresmian smelter, Melati berharap Presiden Joko Widodo berkenan untuk memberi dukungan dengan hadir di prosesi commissioning atau pengujiannya pada September mendatang.

Melati mengatakan bahwa dukungan tersebut disiratkan oleh Presiden Joko Widodo ketika ia menyambangi booth MIND ID di sela Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan, dan Energi Baru Terbarukan (LIKE) ke-2.

“Dukungan ini memberikan motivasi bagi Grup MIND ID untuk terus meningkatkan nilai tambah dalam negeri,” kata dia.

Melati mengatakan dukungan Jokowi kepada holding pertambangan BUMN penting dalam meningkatkan nilai tambang komoditas mineral dan batu bara di tanah air.

“Kami berterima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah mampir ke booth Grup MIND ID di Festival LIKE 2024. Sungguh memberikan motivasi bagi kami terutama dalam menjalankan mandat menghadirkan ekosistem industri pertambangan nasional,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sempat mengunjungi proyek SGAR Mempawah pada Maret.

Melati mengatakan, pada kunjungan Presiden Jokowi yang dijadwalkan pada September mendatang, proyek SGAR Mempawah akan mencapai tahapan 97 persen.

Proyek ini, kata dia, akan mencapai tahapan Commercial Operation Date (COD) pada Februari 2025. Adapun proses pengolahan bauksit menjadi alumina sudah bisa dilakukan pada kuartal IV 2024.

Jika sudah beroperasi, Melati mengatakan pabrik tersebut bisa memproduksi 1 juta ton alumina per tahun dengan estimasi bahan baku bauksit sebanyak 3,3 juta ton per tahun. Proyek ini terbagi dalam dua fase dan menelan nilai investasi sekitar 1,7 miliar dolar AS.

Baca juga: MIND ID edukasi publik melalui replika Bendungan Tangga di LIKE ke-2
Baca juga: MIND ID gunakan smart mining perkuat produksi dan mitigasi risiko
Baca juga: Wamen BUMN sebut holding MIND ID akan IPO di 2026

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024