Penajam Paser Utara, Kalimanta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara atau IKN mengungkapkan Plaza Seremoni nantinya dapat menjadi area bagi publik untuk berinteraksi hingga berolahraga di Nusantara, Kalimantan Timur.
​​
"Lapangan ini disebutnya sebagai Plaza Seremoni, tapi pada intinya adalah bukan hanya lapangan ini saja namun keseluruhan area Sumbu Kebangsaan hingga area amfiteater betul-betul menjadi tempat untuk publik," ujar Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H. Sumadilaga di Plaza Seremoni IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Jumat.

Plaza Seremoni ini dapat digunakan untuk berbagai aktivitas masyarakat seperti bersosialisasi, berinteraksi, menikmati hiburan, berolahraga, dan sebagainya.

Danis mengatakan bahwa kapasitas Plaza Seremoni di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN tersebut mampu menampung 8.000 orang.

Baca juga: Trem Otonom akan beroperasi pada perayaan HUT RI di IKN

Selain bangunan-bangunan dengan desain yang ikonik, Ibu Kota Nusantara (IKN) juga memiliki sudut yang memiliki daya tarik tersendiri, salah satunya adalah Plaza Seremoni.

Terletak tepat di depan Istana Presiden, Plaza Seremoni menyimpan makna tersendiri dan menjadi salah satu area yang sayang untuk dilewatkan ketika Anda berada di Kawasan IKN.

Plaza Seremoni kini sudah siap difungsikan untuk menyambut Upacara Peringatan HUT yang ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Plaza Seremoni menyimpan makna yang mendalam yaitu menggambarkan semangat juang masyarakat Indonesia yang tidak pernah padam untuk terus mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik.

Di dalam Plaza Seremoni terdapat sebuah bangunan yang difungsikan sebagai Visitor Center di mana para pengunjung bisa mendapatkan informasi yang diperlukan ketika berkunjung ke IKN.

Baca juga: Pertama dalam sejarah, bendera Merah Putih dikirab dari Jakarta ke IKN

Sebagai informasi, Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur akan menjadi kota yang layak huni, menyenangkan, yang mengutamakan kesejahteraan dan kebahagiaan penduduknya.

Pembangunan ibu kota negara di Kalimantan Timur tidak hanya berfokus pada aspek fisik, melainkan juga memperhatikan kebutuhan emosional dan sosial masyarakatnya.

Lebih dari itu, Nusantara memiliki ambisi yang lebih tinggi, yaitu menumbuhkan rasa kebersamaan, kepemilikan, dan kebanggaan yang kuat bagi para penghuninya, menjadikan IKN sebagai kota yang membuat penduduknya bahagia.

Visi ini tidak hanya akan menjadikan Nusantara sebagai kota kelas dunia, tetapi kota kelas dunia untuk semua.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024