Bogor (ANTARA) - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa partainya akan segera mengumumkan rekomendasi nama calon kepala daerah tahap pertama yang akan diusung dalam Pilkada 2024.

"Ya, sudah cukup banyak (rekomendasi calon kepala daerah) bahkan nanti hari Minggu juga akan dilanjutkan dan direncanakan PDI Perjuangan segera mengumumkan tahap pertama, waktunya akan menyesuaikan dengan jadwal dari Ibu Megawati Soekarnoputri, Mas Prananda dan Mbak Puan Maharani, sehingga gelombang pertama pengumuman calon kepala daerah ini akan segera dilakukan," kata Hasto usai Pelatihan Nasional Tim Pemenangan Calon Kepala Daerah PDIP Gelombang Ke-4 di Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Meski begitu, sejumlah daerah masih dalam pendalaman, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali dan Jawa Tengah.

"Tentu saja beberapa wilayah yang sudah siap dan telah mengikuti pelatihan tim pemenangan pada batch (kelompok) pertama hingga keempat. Beberapa wilayah yang masih didalami itu adalah daerah Jakarta, kemudian Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Jawa Tengah, dan juga beberapa wilayah provinsi lainnya. Tetapi secara umum, untuk kabupaten/kota, itu sudah siap," ujarnya.

"Mengapa di provinsi itu belum diumumkan, karena ada keterkaitan antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Misalnya di Riau kami bekerja sama dengan PKB meskipun pemenang pemilu adalah dari PDI Perjuangan tetapi sebagai calon gubernur yang diusung adalah dari PKB," sambung dia.

Pria asal Yogyakarta itu pun mengaku telah menjalin komunikasi dengan partai politik lain. Menurutnya, kerja sama yang paling banyak dilakukan bersama Partai Hanura.

"Jadi, tunggu momentumnya, ditargetkan gelombang pertama akan segera diumumkan," pungkas Hasto.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024