Kolaborasi ini merupakan wujud komitmen kita bersama untuk melindungi dan mengembangkan potensi anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat meningkatkan minat membaca usia dini lewat pemberdayaan duta baca di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kampung Benda, Cempaka Putih, Jakarta Pusat pada pekan depan.
 
"Pemberdayaan duta baca bersama bunda literasi Kota Jakarta Pusat ini bertujuan meningkatkan minat baca anak serta memberikan pemahaman yang mendalam dalam meningkatkan minat baca anak usia dini. Nantinya akan dilaksanakan pada Jumat (16/8)," kata Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Arsip (Pusip) Jakarta Pusat Irwan Septinadi di Jakarta, Jumat.
 
Kegiatan ini merupakan kolaborasi  Sudin Pusip Jakarta Pusat dan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Jakarta. Nantinya, delapan kecamatan di Jakarta Pusat turut meramaikan kegiatan ini.
 
"Kolaborasi ini merupakan wujud komitmen kita bersama untuk melindungi dan mengembangkan potensi anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa. Hingga pekan pertama Agustus 2024, kegiatan telah dilaksanakan di lima kecamatan," ujar Irwan.
 
Irwan menyebut kegiatan kolaborasi pemberdayaan duta baca perdana dilaksanakan di Aula Kecamatan Senen, Selasa (9/7) lalu. Kegiatan tersebut bertema pengasuhan (parenting) dalam rangka meningkatkan minat baca anak.
 
Lalu, kegiatan kedua dilaksanakan di RPTRA Gondangdia Kecamatan Menteng, Senin (22/7). Kegiatan ini berbentuk sosialisasi bertema pentingnya pendidikan sastra di era digital serta lomba membaca puisi dan mewarnai.
 
Selanjutnya, kegiatan ketiga dilaksanakan di RPTRA Kenangan Cideng, Gambir padaSelasa (23/7) dengan bentuk sosialisasi literasi keluarga bertema dampak penggunaan media sosial pada perkembangan otak anak usia dini.
 
Kemudian di RPTRA Taman Guntur Kecamatan Senen menggelar kegiatan literasi dengan tema mendongeng membangun literasi anak sejak dini, Rabu (24/7).
 
Sedangkan kegiatan kelima dilaksanakan di RPTRA Mangga Dua Selatan Kecamatan Sawah Besar pada Senin (5/8) lalu. Kegiatan sosialisasi edukasi ini bertemakan literasi dasar pada anak PAUD.
 
Kegiatan keenam akan dilaksanakan di RPTRA Kampung Benda Kecamatan Cempaka Putih pada Jumat (16/8) melakukan edukasi dengan tema literasi dalam meningkatkan kewirausahaan. Setelahnya kegiatan ketujuh, akan dilaksanakan di RPTRA Mutiara Sumur Batu Kecamatan Kemayoran pada Senin (19/8) mendatang dengan menggelar pelatihan membaca keras untuk guru PAUD.
 
"Kegiatan ke delapan di Kecamatan Johar Baru menyasar SD. Melalui kegiatan pemberdayaan duta baca bersama Bunda Literasi ini, kami berkomitmen menyebarkan semangat literasi ke seluruh lapisan masyarakat," ucap Irwan.
 
Sementara itu, Ketua IV Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan TP PKK Jakarta Pusat Herlina Iqbal mengatakan literasi memiliki peran penting dalam membentuk pondasi kepribadian dan kemampuan berpikir anak-anak, sekaligus memperkenalkan generasi muda pada keajaiban kata-kata dan kekuatan cerita.
 
"Momentum kegiatan ini untuk lebih mendalami pentingnya literasi anak-anak dalam membangun masa depan yang cerah bagi Indonesia. Semoga memberikan inspirasi dan energi positif bagi kita semua," kata Herlina.
Baca juga: Bunda Literasi dan Duta Baca jadi penggerak budaya gemar membaca
Baca juga: Pusip Jaksel seleksi calon duta baca untuk tingkatkan minat literasi
Baca juga: Pemkot Jakpus dorong generasi muda gemar baca untuk perkaya literasi

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024