Bogor (ANTARA) - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan ada kader perempuan yang berpeluang maju sebagai bakal calon pemimpin pada Pemilihan Kepala Daerah Jawa Barat tahun 2024.

Kendati demikian, Hasto tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai sosok perempuan yang berpeluang ikut kontestasi pilkada tersebut.

"Ya, ada seorang kader perempuan yang hebat yang nanti akan diumumkan pada waktu yang tepat," ujar Hasto usai Pelatihan Nasional Tim Pemenangan Calon Kepala Daerah PDIP Gelombang Ke-4 di Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Menurut Hasto, PDIP terbuka mencalonkan kadernya yang dapat menjadi titik temu untuk diusung bersama partai politik lain.

Ia tidak menampik bahwa PDIP hampir satu dekade tidak memimpin wilayah Jawa Barat, namun partainya tetap eksis di provinsi tersebut.

Baca juga: PDIP buka peluang usung Susi Pudjiastuti pada Pilkada Jabar 2024

Menurutnya, kekuatan PDIP terletak pada akar rumput yang berada di tingkat kabupaten/kota.

"Tentu saja selain fokus di tingkat kabupaten/kota, kami juga mencari opsi-opsi baru untuk yang ada di Jawa Barat. Apalagi ini benih-benih nasionalisme sangat kuat pada bulan Agustus ini," katanya.

Sebelumnya, PDI Perjuangan masih mempertimbangkan sejumlah nama kadernya untuk bisa maju pada Pilkada Jawa Barat.

"Kalau di Jabar, tentu kita tahu ada kader-kader unggulan dari PDIP, utamanya Mas Ono Surono yang Ketua DPD (Jawa Barat), ada juga Mbak Rieke Diah Pitaloka tentunya, dan ada nama lain yang masih kita cermati," kata Juru Bicara PDIP Chico Hakim, Rabu (7/8).

Baca juga: Pengamat: Ketokohan Susi Pudjiastuti di Pangandaran dongkrak suara 

Meskipun mempersiapkan kader-kadernya, tetapi PDIP tetap menjalin komunikasi dengan semua partai politik. Hal ini guna membuka peluang PDIP mencalonkan sendiri kadernya.

"Tentu keinginan kami untuk mengusung kader kami, baik itu sebagai cagub ataupun cawagub, tentu menjadi fokus dan prioritas kami juga," kata dia.

Oleh karena itu, Chico menambahkan PDIP sedang berhitung soal kader yang akan didorong maju pada Pilkada Jawa Barat tahun 2024. Dengan begitu, diharapkan kader yang diusung benar-benar mampu memenangkan kontestasi.

DPD PDI Perjuangan Jawa Barat sepakat menetapkan Ono Surono menjadi bakal calon gubernur pada Pilkada Jawa Barat 2024. Hal itu berdasarkan hasil Rapat Kerja Daerah (Rakerda) IV dan V DPD PDI Perjuangan Jawa Barat.

Baca juga: PDIP masih jadi magnet diajak parpol lain kerja sama di Pilkada 2024
Baca juga: PDIP gelar Pelatnas Tim Pemenangan Pilkada 2024 Gelombang Keempat

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024