Medan (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) menyiapkan pos pengamanan di setiap arena Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang berlangsung pada 8-20 September 2024.

"Misalkan, pos itu nanti ada di wilayah Gedung Serbaguna, Stadion Utama Sumut, dan tempat lainnya," ujar Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi di Medan, Jumat.

Hadi melanjutkan, sementara itu untuk pos pengamanan di daerah lain seperti wilayah Danau Toba, Kabupaten Karo, Kota Binjai dan wilayah lainnya dilakukan oleh polres setempat.

Lebih lanjut, dia mengatakan, personel yang bertugas di arena pertandingan ajang multicabang ini sekitar 10 sampai 15 personel untuk melakukan pengamanan.

Selain Polda Sumut menempatkan petugas di setiap arena, Hadi mengatakan pihaknya juga nantinya menyiapkan sejumlah personel untuk melakukan pengamanan atlet yang menginap di hotel.

"Personel yang berjaga di hotel itu sudah terangkai dengan pengamanan, pengawalan atlet maupun tim medis," kata Hadi.

Polda Sumut terus melakukan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) di wilayah hukum Polda Sumut beserta jajaran polres menjelang ajang nasional ini.

Ditambah pihaknya menerjunkan mobil patroli presisi di Kota Medan sebagai etalase wilayah Sumut untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Seperti, pengamanan di Medan, Satuan Brimob Polda Sumut juga dilibatkan untuk melakukan patroli secara intensif di sejumlah titik rawan kejahatan dan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah tersebut.

Patroli ini bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat serta mencegah terjadinya tindak kriminalitas di wilayah ini.
Baca juga: Polda Sumut tekan angka kejahatan jalanan 7,21 persen jelang PON 
Baca juga: Polri pastikan kesiapan pengamanan PON Aceh-Sumut sudah matang
Baca juga: Polda Sumut gelar operasi pekat jelang PON 2024

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024