Anggaran sebesar itu, di luar proses sengkuyung (gotong-royong) bareng yang saat ini hasil dukungan berbagai pihak sudah menghasilkan sejumlah perbaikan di kompleks Stadion Wergu Wetan Kudus. Mudah-mudahan anggaran dari Pemkab Kudus juga cukup
Kudus (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menggelontorkan anggaran Rp2,6 miliar lewat Perubahan APBD 2024 untuk perbaikan sarana dan prasarana di kompleks Stadion Wergu Wetan Kudus agar layak untuk menggelar kompetisi Liga 2.

"Anggaran sebesar itu, di luar proses sengkuyung (gotong-royong) bareng yang saat ini hasil dukungan berbagai pihak sudah menghasilkan sejumlah perbaikan di kompleks Stadion Wergu Wetan Kudus. Mudah-mudahan anggaran dari Pemkab Kudus juga cukup," kata Penjabat Bupati Kudus M Hasan Chabibie ditemui di sela-sela meninjau perbaikan Stadion Wergu Wetan Kudus, Jumat.

Kehadirannya ke Stadion Wergu Wetan ini, kata dia, untuk melakukan pengecekan perkembangan perbaikannya, guna memastikan masih ada tidaknya kekurangan.

"Tentunya semua persyaratan untuk bisa lolos sebagai stadion yang bisa menggelar kompetisi Liga 2 harus dipenuhi. Termasuk bangku pemain yang lama dibongkar diganti yang baru sesuai persyaratan," ujarnya.

Kebutuhan lain yang dipenuhi, yakni rumput lapangan, tribun, ruang ganti atau locker room, keamanan, dan toilet.

"Kami juga menerima masukan dari Kepolisian dan TNI untuk memperhatikan bagian luar, yakni terkait penataan parkir, akses masuk karena nantinya tentu banyak pedagang yang berjualan untuk mendapatkan penghasilan," ujarnya.

Dalam rangka mempersiapkan stadion kebanggaan warga Kudus ini layak menggelar pertandingan Liga 2, kata dia, dukungan tidak hanya dari Pemkab Kudus dengan menggelontorkan dana Rp2,6 miliar, tetapi juga ada donatur yang turut membantu mempersiapkan stadion ini menjadi layak menggelar pertandingan Liga 2.

Ia berharap nantinya Stadion Wergu ini bisa menjadi markasnya Persiku Kudus, sehingga tidak perlu menjadi tim musafir.

Sementara itu, Ketua DPRD Kudus Masan berharap adanya dukungan anggaran sebesar itu, bisa menjadikan stadion di Kudus layak menggelar kompetisi Liga 2.

"Mudah-mudahan, anggaran tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan perbaikan stadion agar bisa lolos verifikasi PSSI, sehingga laga kandang bisa digelar di Kudus," ujarnya.

Direktur Bisnis Persiku Kudus Moh Abdul Idris menambahkan perbaikan sudah dilakukan secara maksimal, sehingga sebelum ada verifikasi dari PT Liga Indonesia Baru sudah selesai perbaikan.

Selain perbaikan soal sarana dan prasarana pendukung, kata dia, delapan pintu masuk stadion juga diaktifkan kembali karena menjadi persyaratan untuk lolos verifikasi.

Pintu menuju tribun timur, kata dia, juga sudah dipersiapkan, sedangkan pengerjaan fisik dengan pengaspalan akan dianggarkan oleh APBD 2024 lewat perubahan.

"Nantinya juga ada asesmen dari Mabes Polri terkait ketersediaan tempat parkir. Kami juga sudah mempersiapkannya," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Kudus siap perbaiki stadion untuk Persiku berlaga di Liga 2
Baca juga: Atap Stadion Wergu Kudus roboh diterjang angin

 

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024