Gotong royong ini tidak hanya sebagai bentuk dukungan, tetapi juga untuk memastikan Kota Banda Aceh siap menjadi tuan rumah ajang olahraga nasional ini
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kota Banda Aceh mengerahkan ratusan aparatur sipil negara (ASN) bergotong royong membersihkan sampah di sejumlah destinasi wisata di kota tersebut dalam menyambut penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut.

“Gotong royong ini tidak hanya sebagai bentuk dukungan, tetapi juga untuk memastikan Kota Banda Aceh siap menjadi tuan rumah ajang olahraga nasional ini,” kata Pj Wali Kota Banda Aceh Ade Surya di Banda Aceh, Jumat.

Gotong royong dilakukan di enam lokasi strategis di ibu kota Provinsi Aceh tersebut, meliputi Masjid Raya Baiturrahman, komplek makam Syiah Kuala, PLTD Apung, Museum Tsunami, kuburan massal Ulee Lheue, dan Pantai Cermin Ulee Lheue hingga kawasan pelabuhan penyeberangan.

Aksi ini dilaksanakan berdasarkan surat edaran Wali Kota Banda Aceh pada 8 Agustus 2024 yang menginstruksikan seluruh PNS di sejumlah satuan kerja perangkat kota di jajaran Pemkot untuk berpartisipasi dalam persiapan menyambut PON XXI.

Baca juga: Pejabat Kemendagri tinjau venue PON di Aceh Besar
Baca juga: Pemerintah pastikan kesiapan infrastruktur PON 2024 capai 85 persen


Banda Aceh merupakan salah satu dari 10 kabupaten/kota yang menjadi tuan rumah PON XXI wilayah Aceh. Perhelatan PON XXI pada 8-20 September 2024 diselenggarakan bersama Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Dari 33 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di Tanah Rencong, Banda Aceh akan menjadi tuan rumah bagi 22 cabor, dan jumlah tersebut merupakan yang terbanyak dibanding daerah lain di Aceh.

Adapun beberapa cabor tersebut seperti anggar, angkat berat, angkat besi, bola basket 5×5, bola basket 3×3, panahan, panjat tebing, sepakbola, tenis, baseball, woodball, judo, pentanque, rugby sevens, X-rugby, hapkido, shorinji kempo, layar, muaythai, tarung derajat, selam, dan soft tenis.

Ade Surya mengharapkan dengan persiapan yang matang dan keterlibatan seluruh elemen masyarakat, penyelenggaraan PON XXI di Banda Aceh dapat berjalan lancar dan sukses.

“Sekaligus memberikan kesan positif bagi para atlet dan pengunjung dari seluruh Indonesia,” ujarnya.

Baca juga: Wantimpres berharap arena utama PON XXI di Aceh rampung pekan depan
Baca juga: Atlet mulai berdatangan di Aceh untuk persiapan PON 2024

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024