Jayapura (ANTARA) - Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 122/Tombak Sakti Pos Koki B Pitewi di bawah naungan Komando Pelaksana Operasi Korem 172/PWY bersama siswa SDN Pitewi, Kabupaten Keerom, memasang bendera Merah Putih di lingkungan sekolah dalam menyambut HUT ke-79  RI.

Personel Satgas/Bintara Pelatih Kompi Pertempuran B (Batih Kipur B)  Sertu Julius Simalango dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Jumat, mengatakan pemasangan bendera dan umbul-umbul Merah Putih di lingkungan sekolah sebagai wujud kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Melalui kegiatan itu kami juga memberikan motivasi kepada para siswa agar menghayati arti kemerdekaan serta," katanya.

Menurut Julius, dengan mengajak peserta didik jenjang SD memasang umbul-umbul Merah Putih juga bertujuan untuk memupuk rasa nasionalisme dan cinta tanah air.

"Kami juga mengimbau seluruh masyarakat di kawasan perbatasan agar dapat memeriahkan HUT Ke-79 RI dengan berbagai aktivitas di lingkungan sekitar," ujarnya.

Dia menjelaskan seperti penekanan Dansatgas Letkol Diki Apriyadi bahwa seluruh prajurit dapat melaksanakan kegiatan positif yang bersifat membangun, mengabdi dan mengayomi masyarakat yang ada di sekitar wilayah pos karena kemanunggalan TNI dan rakyat adalah kekuatan utama di NKRI.

Sementara itu, Kepala SD Negeri Pitewi Ester Waincang mengatakan pihaknya menyampaikan terima kasih sekaligus merasa bangga atas perhatian personil yang bertugas di wilayah perbatasan RI-PNG karena selalu membantu SD tersebut.

"Anak-anak sangat senang jika dilibatkan dalam kegiatan seperti pemasangan bendera Merah Putih menyambut HUT RI tahun ini," katanya.
 

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024