Dortmund (ANTARA News) - Robert Lewandowski memperingatkan rekan-rekan setimnya di Borussia Dortmund bahwa belum ada yang pasti menjelang pertandingan Liga Champions saat mereka menjamu Zenit St Petersburg, meski mereka unggul 4-2 pada pertandingan pertama.

Penyerang Polandia itu mencetak dua gol pada pertandingan pertama putaran 16 besar di Saint Petersburg tiga pekan silam, yang membuat mereka berada di ambang mengamankan satu tempat pada undian perempat final di Nyon, Swiss, pada Jumat.

Dortmund menelan kekalahan 1-2 saat menjamu Borussia Moenchengladbach pada Sabtu, dan Lewandowski memperingatkan timnya bahwa mereka mampu menghindari penampilan serupa saat melawan Zenit di Westfallenstadion Borussia.

"Kami belum melaju, belum ada yang diputuskan dan jika kami bermain seperti saat melawan Gladbach, maka kami harus waspada," kata lewandowski, yang merupakan pencetak gol terbanyak Dortmund di Eropa dengan 18 gol di Liga Champions, namun akan bergabung dengan tim rival Bayern Munich di akhir musim.

Pemain Polandia itu telah mencetak enam gol pada musim ini dan menjadi pemain pertama yang mencetak empat gol dalam satu pertandingan di semifinal Liga Champions pada April silam saat melawan Real Madrid.

Dortmund tidak akan diperkuat pemain sayap asal Jerman Marco Reus, yang mencetak gol pada pertandingan pertama dan absen berlatih pada Selasa karena masih dibekap cedera kaki.

Borussia menyambut kembalinya pengatur permainan Henrikh Mkhitaryan, yang absen saat mereka kalah dari Moenchengladbach karena terkena skors, sedangkan bek tengah Jerman Mats Hummels terlihat berpeluang bermain setelah diganggu masalah cedera pada musim ini.

Masalah saraf, cedera punggung, masalah pergelangan kaki, dan cedera kaki membuat pemain 25 tahun ini total telah absen selama tiga bulan pada musim ini.

Dortmund hanya meraih empat kemenangan dari 11 pertandingan tanpa kehadiran dirinya, kemasukan 16 gol, namun hanya kalah tiga kali saat ia memperkuat tim.

"Jika Mats bermain maka itu memberi dampak positif terhadap seluruh anggota tim," kata direktur olahraga Dortmund Michael Zorc.

Dengan rata-rata operan sukses sebesar 83 persen dan 70 operan per pertandingan, Hummels mendatangkan keamanan bagi empat bek Dortmund yang berulang kali diganggu masalah cedera pada musim ini, di mana bek tengah Neven Subotic telah absen sejak November karena cedera lutut.

"Tidak ada pesepak bola profesional, yang mampu bermain selama 15 tahun di level tinggi tanpa mengalami cedera," kata Hummels.

"Cedera-cedera merupakan bagian dan paket dari hal itu."

"Sepanjang masa itu, Anda belajar untuk mengatasinya dengan lebih baik lagi."

"Hal baiknya adalah setidaknya Anda mendapatkan kembali motivasi dan hasrat Anda, sebesar 100 persen."

(H-RF)

(Uu.SYS/C/H-RF/B/I015) 19-03-2014 21:13:09

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014