Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) akan menggelar ASEAN Sports Day (ASD) 2024 untuk mempromosikan olahraga tradisional.

Ajang yang merupakan Perayaan Hari Olahraga bagi Masyarakat Asia Tenggara tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Luar Negeri, dan Pemda Kabupaten Sleman,  8-11 Agustus.

“Melalui ajanv ini, kita juga ingin memperkenalkan kekayaan budaya olahraga tradisional Indonesia kepada dunia. Semoga masyarakat Indonesia menjadi bagian dari masyarakat ASEAN yang juga aktif bergerak, berolahraga, dan mencintai olahraga tradisionalnya”, ungkap Deputi Bidang Pemberdayaan Olahraga Kemenpora, Rudy Sufahriadi dalam keterangan resmi, Jumat.

ASEAN Sports Day tahun ini mengusung tema “Collaboration on Promoting Healthy Lifestyle and Safeguarding Traditional Sports and Games toward A Healthier and Active ASEAN Community ”. Nantinya negara yang akan hadir pada ASD 2024 adalah Brunei Darussalam, Filipina, Kamboja, Laos, Malaysia, Thailand, serta Indonesia sebagai tuan rumah. Turut hadir negara Timor Leste sebagai observer.

Baca juga: Kemenpora sebut Indeks Pembangunan Pemuda Indonesia 56,33

Delegasi adalah para Focal Point Senior Official Meeting On Sport (SOMS) dan pegiat olahraga masyarakat dari negara-negara ASEAN.
Aktivitas utama pada ASEAN Sports Day antara lain Workshop: Promosi Gaya Hidup sehat dan Pelestarian Olahraga Tradisional lalu Festival: Penampilan Olahraga Tradisional dari Setiap Negara peserta di Candi Prambanan; dan Aktivitas Fisik: ASEAN Fun Bike 6 km.

Salah satu fokus utama ASEAN Sport Day adalah mempromosikan gaya hidup sehat dan melestarikan olahraga tradisional di kawasan ASEAN. Workshop ini akan digelar untuk membahas strategi efektif dalam mempromosikan gaya hidup aktif dan bagaimana cara menjaga kelestarian olahraga tradisional di tengah modernisasi.

ASEAN Sport Day juga merupakan salah satu upaya mempererat hubungan people to people antar masyarakat negara anggota ASEAN. Melalui kegiatan ini, kita dapat saling mengenal budaya olahraga masing-masing dan membangun persahabatan yang lebih erat.

Puncak acara ASEAN Sports Day akan dimeriahkan dengan Festival Olahraga dan Permainan Tradisional ASEAN yang akan digelar di kawasan Candi Prambanan. Masing-masing negara ASEAN akan menampilkan keunikan olahraga tradisional mereka, sehingga pengunjung dapat menyaksikan beragam budaya olahraga tradisional dari seluruh penjuru ASEAN.

Khusus untuk penampil dari Indonesia selain penampil olahraga tradisional lokal, juga ada penampil terbaik pada Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional yang telah digelar di Parigi Moutong pada Juli 2024.



Baca juga: Menpora sebut kolaborasi penting untuk tingkatkan olahraga tradisional

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024