Magelang (ANTARA) - Kapolres Magelang Kota AKBP Dhanang Bagus Anggoro beserta jajaran menanam 15 pohon sentul di Gunung Tidar dalam rangka peringatan Hari Hutan Nasional 2024.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memperbaiki fungsi hutan, mendukung pelestarian lingkungan, dan menciptakan lingkungan hidup yang lebih sehat," kata Dhanang di Magelang, Jawa Tengah, Jumat.

Baca juga: Polres Magelang Kota gelar kegiatan peduli lingkungan

Menurut dia, penanaman pohon ini merupakan bagian dari upaya revitalisasi alam dan peningkatan produktivitas lahan.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu mitigasi bencana dan perubahan iklim, serta mendorong terciptanya sumber ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Penanaman pohon ini dilakukan sebagai langkah revitalisasi alam, peningkatan produktivitas lahan, serta mempertimbangkan mitigasi bencana dan perubahan iklim," katanya.

Baca juga: Pemkot Magelang jadikan Gunung Tidar kebun raya

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kebun Raya Gunung Tidar Muwahidin menyampaikan apresiasi terhadap upaya pelestarian yang dilakukan oleh Polres Magelang Kota.

Ia mengucapkan terima kasih atas partisipasi Kapolres dan jajaran dalam menjaga kelestarian Kebun Raya Gunung Tidar.

"Kami dari pihak UPTD Kebun Raya Tidar mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Magelang Kota yang turut serta dalam melestarikan Gunung Tidar," katanya.

Baca juga: Untuk pelestarian, Gunung Tidar ditanami ratusan pohon buah

Ia menyampaikan bahwa kegiatan penanaman pohon ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pelestarian lingkungan serta memberikan kontribusi positif terhadap ekosistem di Gunung Tidar.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024