Saya berharap Baznas terus meningkatkan kualitas maupun kuantitas program yang digagasnya, termasuk program Balai Ternak ini, sehingga bisa melahirkan muzaki-muzaki baru dari sebelumnya mustahik...
Jakarta (ANTARA) - Program Balai Ternak yang diusung oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) turut membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi sejumlah peternak di Banyumas, Jawa Tengah.
 
Salah satu penerima manfaat Program Balai Ternak Baznas, Anwar (46), mengungkapkan kesulitannya dalam memenuhi kebutuhan keluarganya, termasuk biaya pendidikan anak-anaknya yang seringkali menunggak sebelum menjadi peternak binaan.
 
"Saya sering dapat teguran dari pihak sekolah karena sering nunggak pembayaran, ya mau bagaimana lagi, saya tidak punya gaji bulanan," ungkapnya melalui keterangan di Jakarta, Jumat.
 
Sebelum bergabung menjadi peternak binaan Baznas, bapak dengan tiga anak ini mengaku pemasukan yang diperolehnya dari berjualan kambing yang jumlahnya terbatas hanya cukup untuk kebutuhan makan sehari-hari.

Baca juga: Baznas luncurkan Balai Ternak untuk memberdayakan mustahik di Banyumas
 
Setelah Anwar tergabung ke dalam Kelompok Tani Maju Jaya di Desa Babakan, Kabupaten Banyumas, yang dibina oleh Baznas, ia mengaku mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan usahanya, sehingga bisa mengangkat perekonomian keluarga.
 
"Saya berharap Baznas terus meningkatkan kualitas maupun kuantitas program yang digagasnya, termasuk program Balai Ternak ini, sehingga bisa melahirkan muzaki-muzaki baru dari sebelumnya mustahik, serta terus meningkatkan pelayanannya kepada umat sehingga semakin banyak masyarakat kecil yang terbantu," ucap Anwar.
 
Terkait hal tersebut, Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan menyampaikan Program Balai Ternak Baznas dibentuk sebagai upaya menurunkan angka kemiskinan melalui sektor peternakan.

Baca juga: Baznas berdayakan mustahik di Kulon Progo melalui Program Balai Ternak
 
"Melalui Balai Ternak Baznas, kami berupaya memberikan akses modal, pelatihan, dan pendampingan, agar usaha ternak yang dijalankan bisa berkembang dengan baik," ujarnya.
 
Menurut Saidah, Balai Ternak Baznas diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan para peternak melalui peningkatan penghasilan yang lebih baik dan stabil, sehingga bisa memenuhi kebutuhan keluarganya, termasuk pendidikan anak-anak mereka.
 
"Kami juga berharap bahwa program ini tidak hanya meningkatkan taraf hidup para peternak, tetapi juga memberikan inspirasi dan motivasi bagi masyarakat sekitar untuk terus berusaha dan berinovasi," ucap Saidah.

Baca juga: BAZNAS RI luncurkan program balai ternak kelompok unggas di Jateng
 

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024