Purbalingga (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, membagikan 29.000 Bendera Merah Putih kepada masyarakat di wilayah itu untuk menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pembagian bendera tersebut dilakukan secara simbolis oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi kepada 18 camat se-Purbalingga dalam pencanangan Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih Tingkat Kabupaten Purbalingga di Lapangan Desa Binangun, Kecamatan Mrebet, Purbalingga, Jumat.

Puluhan ribu Bendera Merah Putih tersebut selanjutnya akan dibagikan kepada masyarakat di masing-masing kecamatan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih merupakan upaya pemerintah untuk kembali menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan semangat nasionalisme masyarakat.

Baca juga: Pemkab Subang gulirkan Gerakan Sepuluh Juta Bendera

Terkait dengan hal itu, dia mengharapkan gerakan tersebut berjalan dengan sukses, sehingga bisa mengantarkan Purbalingga untuk kembali menerima penghargaan sebagai 10 kabupaten/kota se-Indonesia termeriah dan terbanyak dalam pembagian Bendera Merah Putih.

"Mudah-mudahan pembagian bendera ini bisa kian menambah semangat dan kecintaan kita kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Selain itu, kata dia, momentum peringatan HUT Ke-79 Republik Indonesia akan semakin meningkatkan persatuan dan kesatuan serta keguyubrukunan warga Purbalingga.

Menurut dia, anggaran pengadaan Bendera Merah Putih yang dibagikan kepada masyarakat tersebut bersumber dari swadaya jajaran pemerintah kabupaten hingga tingkat desa/kelurahan serta kontribusi dunia usaha dan pihak lainnya.

Baca juga: Aceh Besar canangkan gerakan nasional 10 juta bendera di perbatasan

"Oleh karena itu, kami memberikan apresiasi terhadap segenap pihak yang menyukseskan kegiatan ini," kata dia.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Purbalingga Pandi mengatakan Gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih digelar secara nasional di seluruh wilayah Indonesia dalam rangka menyongsong HUT Ke-79 Republik Indonesia.

Menurut dia, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara Nomor B-04/M/S/TU.00.03/07/2024 tentang Penyampaian Tema dan Logo Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024.

Baca juga: Pemkot Jakbar bagikan 40.000 bendera Merah Putih untuk warga

Terkait dengan peringatan HUT Ke-79 Republik Indonesia yang mengusung tema "Nusantara Baru, Indonesia Maju", dia mengajak semua pihak untuk tetap mewarisi jiwa juang yang tinggi serta menjaga keutuhan bangsa dengan terus mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari tentang rasa kebersamaan dan kesetaraan.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024