Rata-rata penumpang saat ini, mungkin 18.000 sampai 20.000 sehari. Ini hitungannya take-off dan landing. Tapi ini terus bertambah. Sebelumnya 16.000, naik ke 18.000 sekarang 20.000 per hari
Balikpapan (ANTARA) - General Manajer Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, Ahmad Syaugi Shahab mengatakan, jumlah penumpang di Bandara SAMS Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur mengalami peningkatan menjelang peringatan detik-detik proklamasi RI 17 Agustus 2024.

 

“Rata-rata penumpang saat ini, mungkin 18.000 sampai 20.000 sehari. Ini hitungannya take-off dan landing. Tapi ini terus bertambah. Sebelumnya 16.000, naik ke 18.000 sekarang 20.000 per hari,” kata Ahmad Syaugi di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat.

 

Dia berharap jumlah penumpang yang melalui Bandara Balikpapan bisa terus meningkat hingga 30.000 per hari.

Diperkirakan total jumlah penumpang di Bandara Balikpapan sepanjang 2024 bisa mencapai 6 juta orang.
 

Ahmad Syaugi mengatakan, Bandara Sepinggan Balikpapan siap melayani tamu undangan HUT Ke-79 Ri di IKN.

 

“Kami mempersiapkannya sudah lama. Satu tahun setengah kami sudah memposisikan bahwa Bandara Sepinggan adalah tempatnya. Alhamdulillah, apa yang kami pikirkan terjadi. Dan kami siap,” ujarnya.

 

Pihak bandara telah mempercantik seluruh area bandara untuk menyambut tamu undangan, mulai dari memperbaiki semua fasilitas, mengoptimalkan suhu ruang, hingga menambah sejumlah karya seni artistik di bandara.

 

“Yang paling krusial adalah area penerbangan, kami sudah pengerasan runway, mempersiapkan banyak pesawat, kami sudah memperbaiki semua area apron dan juga taxiway. Jadi prinsipnya tidak ada masalah," katanya.

Baca juga: BNPT perkuat sistem pengamanan Bandara Sepinggan sambut HUT RI di IKN
Baca juga: Kota Nusantara pengaruhi kedatangan penumpang di Bandara Balikpapan
Baca juga: OIKN: Kereta bandara hubungkan KIPP IKN dengan Bandara Sepinggan

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga, Putu Indah Savitri
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024