Istanbul (ANTARA) - Di tengah seruan gencatan senjata dari kalangan internasional, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin kembali menegaskan dukungan Washington untuk Tel Aviv. Hal itu dipastikan melalui pembicaraan telepon dengan Menhan Israel Yoav Gallant. 

Austin menelpon Gallant untuk memberitahu soal penyesuaian penempatan pasukan AS dan menegaskan dukungan kuat terhadap pertahanan Israel.

"Pesawat F-22 Raptor AS yang tiba di wilayah tersebut hari ini merupakan salah satu dari banyak upaya untuk mencegah agresi, membela Israel, dan melindungi pasukan AS," tulis Austin di X pada Kamis (8/8).

"Saya juga menekankan pentingnya menyelesaikan kesepakatan gencatan senjata di Gaza untuk membebaskan para sandera," kata Austin, menambahkan.

Baca juga: Biden tekankan urgensi gencatan senjata saat bertemu Netanyahu

Namun, upaya mewujudkan gencatan senjata masih terhambat karena kepala otoritas Israel Benjamin Netanyahu menolak permintaan kelompok Hamas Palestina untuk menghentikan pertempuran.

Israel, yang mengabaikan resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera, telah menghadapi kecaman internasional di tengah serangan brutalnya yang terus berlanjut di Gaza sejak 7 Oktober tahun lalu pasca serangan lintas batas oleh Hamas.

Hampir 40.000 warga Palestina telah terbunuh dan lebih dari 91.700 orang terluka, menurut otoritas kesehatan Gaza.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Menlu Rusia, Yordania serukan gencatan senjata di Gaza
Baca juga: UNRWA serukan akuntabilitas atas pelanggaran ke tahanan Palestina
Baca juga: Turki desak masyarakat internasional beri tekanan pada Israel

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Primayanti
Copyright © ANTARA 2024