pembangunan di kawasan IKN semakin masif. Hal tersebut ikut meningkatkan trafik XL Axiata hingga mencapai lebih dari 300 persen
Jakarta (ANTARA) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dalam upaya mendukung keberadaan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai pusat pemerintahan baru, terus meningkatkan kualitas jaringan di wilayah tersebut.

“Pada periode setahun terakhir, aktivitas pembangunan di kawasan IKN semakin hari semakin masif. Hal tersebut ikut meningkatkan trafik XL Axiata, hingga mencapai lebih dari 300 persen," kata Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Untuk itu, selain fokus meningkatkan kualitas jaringan di dalam area IKN, perseroan juga meningkatkan kualitas jaringan pada titik-titik pembangunan infrastruktur dan fasilitas pendukung IKN seperti jalan tol, bandara, rumah sakit, hotel dan fasilitas pendukung lainnya bekerja sama dengan pihak Otorita IKN.

I Gede Darmayusa menambahkan guna memberikan kemudahan dan mendukung kesuksesan Upacara Peringatan HUT Ke-79 RI di IKN, perusahaan secara khusus memperkuat jaringan dengan menambah 3 unit Mobile BTS (MBTS).

Ketiganya ditempatkan di sekitar lokasi berlangsungnya upacara, berkoordinasi dengan pihak Otorita IKN, dan sebelumnya, di area proyek pembangunan IKN, XL Axiata telah menempatkan 4 unit MBTS.

Baca juga: XL Axiata perkuat infrastruktur internet cepat di IKN

Baca juga: XL Axiata siap bangun jaringan telekomunikasi di IKN


Pihaknya juga telah menyiapkan 3 BTS, serta menambah lagi 2 BTS Makro termasuk jaringan in door yang telah terpasang di Swissotel Nusantara. Secara keseluruhan, kini XL Axiata telah menyediakan total 12 BTS di area ring 1 IKN.

Ke depan, seiring terus meningkatnya trafik layanan dan kebutuhan atas layanan di IKN, perusahaan juga akan terus meningkatkan kapasitas dan infrastruktur di sana.

Apalagi saat IKN telah benar-benar mulai beroperasi, dengan mulai banyak orang yang bekerja dan tinggal di sana, perusahaan perlu menyediakan jaringan yang memadai untuk memastikan kenyamanan dan kemudahan pelanggan dalam menggunakan layanan XL Axiata #JadiLebihBaik.

Sementara itu untuk area penyangga IKN, hingga akhir Juni 2024, jaringan ditopang oleh sekira 500 BTS dengan mayoritas merupakan BTS 4G.

Area penyangga ini tersebar di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara, di mana kedua kabupaten ini menjadi bagian wilayah IKN.

"Sementara di area inner IKN, terdapat lebih dari 150 BTS dengan mayoritas BTS 4G yang tersebar di 4 kecamatan yaitu, Kecamatan Loajanan, Muara Jawa, Semboja, dan Sepaku," katanya.

Perseroan juga terus memperkuat jaringan dengan melakukan penambahan BTS dan peningkatan kapasitas jaringan di kota-kota penyangga IKN seperti Balikpapan dan Samarinda.

Di Kota Balikpapan, perusahaan memiliki lebih dari 570 BTS dengan mayoritas merupakan BTS 4G, sementara di Kota Samarinda hampir mencapai 600 BTS dengan mayoritas merupakan BTS 4G.

Baca juga: Mitratel: Wacana merger XL-Smartfren punya peluang baik bagi Mitratel

Baca juga: Pendapatan XL Axiata semester I 2024 capai Rp17 triliun

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024